Tata Tertib Penggunaan Lapangan Olahraga di Sekolah



Di sekolah, lapangan olahraga merupakan tempat yang digunakan oleh guru penjaskes bersama para siswa untuk melakukan pembelajaran yang bersifat praktik. Seperti melakukan olahraga voli, basket, sepak bola atau futsal, lari, dan kegiatan olahraga lainnya.

Meski pun lapangan tersebut berada di luar kelas (outdoor), namun penggunaannya tidak boleh sembarangan atau harus tetap memperhatikan aturan.

Berdasarkan itu, kali ini kami membagikan contoh tata tertib penggunaan lapang olahraga di sekolah. Contoh tata tertib ini ditujukan bagi guru dan siswa yang menggunakan lapangan baik saat pembelajaran penjaskes berlangsung atau bagi siswa yang menggunakan lapang secara bebas saat jam istirahat.

Tata tertib ini dapat diterapkan di SD-SMP-SMA yang sudah mempunyai lapangan olahraga.

Contoh dapat dibaca di bawah.

 Tata Tertib Penggunaan Lapangan Olahraga

  • Pengguna lapangan diwajibkan untuk menjaga kebersihan lapangan olahraga yang digunakan
  • Pengguna wajib menjaga alat-alat olahraga dan fasilitas terkait agar tetap dalam kondisi baik
  • Alat-alat olahraga dikembalikan pada tempatnya
  • Saat jam pelajaran berlangsung, siswa yang bukan sedang melaksanakan pembelajaran PENJASKES tidak diperbolehkan menggunakan lapangan
  • Saat jam istirahat berlangsung, siswa boleh menggunakan lapangan dengan meminta izin terlebih dahulu kepada guru atau penanggung-jawab lapangan
  • Aturan ini berlaku untuk semua warga sekolah
  • Aturan bisa berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebutuhan.

Demikian contoh tata tertib sekolah untuk menggunakan lapangan olahraga.

Semoga dengan diterapkannya tata tertib ini, siswa, guru dan/atau warga sekolah lainnya yang memakai lapang dapat lebih tertib dan bijaksana dalam memanfaatkannya, sehingga tumbuh kesadaran rasa memiliki terhadap fasilitas sekolah dan akhirnya dapat menjaga itu dengan baik.

Subscribe to receive free email updates: