Contoh Surat Edaran Sekolah untuk Menarik Zakat Fitrah

Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat, berkah, serta ampunan. Di bulan ini ada banyak sekali keistimewaan yang dapat dirasakan oleh muslim jika menjalankan semua aktivitas sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, termasuk kewajiban untuk membayar zakat fitrah di penghujung bulan tersebut.

Zakat fitrah wajib dibayar oleh setiap umat Islam, mulai dari anak-anak hingga orangtua, dengan beras sebanyak 2,5 kg atau setara harga beras tersebut apabila dibayar menggunakan uang.

Belakangan ini, sekolah-sekolah baik dari tingkatan SD hingga SMA biasa mengadakan penarikan/ pemungutan zakat fitrah dari siswa. Tentu saja hal tersebut sah-sah saja apabila memang di sekolah terdapat panitia zakat fitrah.

Biasanya yang menjadi panitia zakat fitrah di sekolah adalah dari kalangan guru (PAI), bahkan siswa (OSIS) pun ada yang dilibatkan.

Ketika panitia ingin menarik zakat fitrah dari warga sekolah (termasuk dari para siswa), tentunya panitia mesti membuat surat pemberitahuan untuk menarik zakat fitrah kepada semua orang tua/wali siswa. Hal ini harus dilakukan agar orang tua siswa menjadi tahu dan memperhatikan maksud dari surat tersebut.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka di kesempatan ini kami akan memberikan contoh surat edaran dari sekolah yang dapat digunakan untuk memberitahukan bahwa sekolah akan melakukan penarikan/ menarik pembayaran zakat fitrah dari seluruh siswa. Nantinya, surat ini ditujukan kepada semua orang tua/wali peserta didik agar menjadi perhatian.

Surat tersebut kami bagikan dalam format doc (word document). Panitia dapat melihat contohnya melalui doc tersebut. Kemudian bisa mengedit isinya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Adapun surat ini bisa digunakan baik oleh panitia zakat fitrah dari tingkat SD/MI sampai dengan SMA/MA/SMK.

Format surat bisa dilihat pada gambar berikut ini.

contoh surat edaran dari sekolah untuk orangtua wali siswa terkait zakat fitrah


Demikian contoh surat edaran zakat fitrah yang dapat kami sampaikan.

Format surat di atas dapat Bapak/ Ibu miliki dalam bentuk file doc dengan mendownloadnya melalui tautan berikut.

Mungkin Bapak/Ibu juga membutuhkan aplikasi untuk mengelola pembayaran zakat fitrah.

Pembahasan dalam artikel berikut ini kami akhiri sampai di sini. Semoga Bapak/Ibu panitia dapat terbantu dengan adanya artikel ini. Dan semoga contoh surat yang kami bagikan dapat bermanfaat dalam pembuatan surat pemberitahuan pembayaran zakat fitrah yang akan diedarkan pada waktunya nanti.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Edaran Sekolah untuk Menarik Zakat Fitrah"

Post a Comment