Contoh Formulir Pendaftaran Siswa Baru yang Melanjutkan Sekolah

Formulir pendaftaran siswa baru adalah selembaran yang berisi instrumen pengumpulan biodata anak yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, dan di dalam formulir tersebut juga dilengkapi dengan identitas orang tua atau wali dari anak tersebut.

Tujuan pembuatan formulir pendaftaran yaitu untuk memudahkan panitia penerimaan siswa baru (PSB) dalam mendata identitas calon siswa yang akan masuk di tahun ajaran baru (seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, orang tua/wali, dan sebagainya). Selain untuk itu, formulir itu juga dibuat sebagai bukti fisik bahwa sekolah telah melakukan program penerimaan siswa demi menjaga keberlangsungan atau eksistensi sekolah dalam jangka panjang.



Setiap sekolah mulai dari SD sampai dengan SMA tentunya harus memiliki formulir pendaftaran ketika momen tahun ajaran baru akan tiba, tepatnya setelah tahun pelajaran yang dijalani berakhir.

Pada umumnya formulir tersebut diambil oleh guru dari sekolah asal anak itu belajar. Jika tadinya anak bersekolah di SD maka yang mengambil formulir pendaftaran ke SMP adalah guru SD nya. Begitu juga dengan SMP.

Berdasarkan pengantar artikel di atas, pada kesempatan ini kami akan berbagi contoh formulir pendaftaran siswa baru yang Insya Allah dibagikan dengan format yang baik dan benar. Bapak/Ibu yang menjadi panitia pendaftaran siswa baru dapat menggunakannya sebagai referensi untuk membuatnya.

Formulir kami bagikan dalam bentuk file berformat doc. Dengan membuka doc tersebut, Bapak/Ibu dapat melihat bagaimana formatnya. Setelah itu bisa mencoba membuatnya sendiri di ms word pada komputer nya.

Formatnya kurang-lebih seperti pada gambar berikut.

formulir pendaftaran siswa baru yang benar dan berlaku untuk setiap tahun pelajaran baru
Format formulir

Pembahasan mengenai formulir pendaftaran siswa baru, tujuan pembuatan, dan contohnya telah kami sampaikan.

Bagi Bapak/Ibu yang menginginkannya dalam bentuk doc bisa mendownloadnya.
Semoga pembahasan yang singkat ini dapat dipahami dan mudah-mudahan contoh formulir yang dibagikan dapat bermanfaat bagi panitia PSB di SD-SMP-SMA menjelang tahun ajaran berikutnya (2018/2019).

Salam..

Subscribe to receive free email updates: