Download Contoh Laporan OJL Kepala Sekolah SD (On Job Learning)

OJL (On Job Learning) merupakan kegiatan magang kerja yang dilakukan oleh calon kepala sekolah sebagai pelatihan (persiapan) sebelum menjadi kepala sekolah yang sebenarnya. Kegiatan OJL bertujuan untuk membentuk figur pemimpin yang mampu mengembangkan serta meningkatkan 5 kompetensi yang harus dimilikinya meliputi kompetensi kepribadian, manajerial, sosial, kewirausahaan dan supervisi. Sehingga diharapkan melalui OJL terbentuk lah sosok kepala sekolah yang profesional.

Pelaksanaan OJL tidak semata-mata dilaksanakan kemudian selesai tanpa hasil. Ketika calon kepala sekolah mengikuti kegiatan OJL, ada sebuah laporan yang harus dikumpulkan sebagai bukti bahwa magang telah dilaksanakan di sekolah dengan baik. Sehingga pada kesempatan ini windowbrain membagikan berkas contoh laporan OJL (On the Job Learning) untuk calon kepala sekolah dasar (SD).

Contoh laporan diharapkan dapat membantu mengurangi kesulitan para peserta OJL (yakni calon kepala) dalam menyusun laporan tersebut. Sehingga melalui contoh ini Ibu Bapak bisa mempelajari bagaimana sistematika penulisannya dari awal hingga akhir (selesai).

Sebagai gambaran umum, laporan OJL yang dibagikan terdiri dari:

  • Pendahuluan - latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan.
  • Kondisi nyata sekolah magang - data siswa, data PTK (pendidik dan tenaga kependidikan), kegiatan eksktrakurikuler pada kurikulum 2013, kriteria ketuntasan belajar minimal atau KKM, struktur kurikulum 2013, dan kondisi sekolah lain.
  • Pelaksanaan RTL (rencana tindak lanjut) - pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan (RTK) pada siklus ke 1 dan ke 2, observasi guru junior, penyusunan perangkat pembelajaran (RPP), kajian aspek manajerial, dan peningkatan kompetensi berdasarkan AKPK.
  • Penutup.
Jika Ibu Bapak calon kepala sekolah SD ingin memiliki contoh laporan OJL yang kami maksud di atas, silakan download berkas doc (document) untuk laporan tersebut melalui tautan berikut.
Semoga berkas yang dibagikan dapat bermanfaat bagi Ibu Bapak dalam pembuatan laporan OJL untuk memenuhi syarat menjadi kepala sekolah di SD yang akan Anda pimpin.


Subscribe to receive free email updates: