Pedoman Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan di SMA

Diposting pada

Pedoman Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan di SMA ini merupakan juknis (petunjuk teknis) dalam melaksanakan program remedial dan pengayaan pada sekolah SMA. Ini ditujukan untuk guru sebagai bahan kajian untuk menambah wawasan sekaligus pembelajaran untuk memahami bagaimana aturan yang sebenarnya ketika guru ingin mengadakan remedial bagi siswa yang tidak mencapai KKM, atau pengayaan bagi siswa yang sudah melewati kriteria ketuntasan minimal. Semua akan di bahas selengkapnya melalui file pdf yang akan ditampilkan dalam postingan ini.

Sebelum itu, kami ingin mengulas terlebih dahulu, sedikit menganai program remedial dan pengayaan.

Remedial merupakan kegiatan yang dikhususkan bagi siswa yang belum mencapai nilai minimum (KKM). Sedangkan pengayaan yaitu kegiatan yang diselenggarakan oleh guru untuk membimbing siswa yang sudah mencapai KKM sehingga kemampuan dan pengetahuannya bisa lebih meningkat.

Kedua hal di atas (yakni remedial mau pun pengayaan) adalah kegiatan yang harus dilaksanakan di luar jam pelajaran. Itu artinya, guru tidak bisa memberikan remedial atau pengayaan terhadap siswa ketika ada dalam jam pelajaran efektif (tidak boleh pada jam mengajar yang tercantum dalam jadwal pelajaran), melainkan boleh dilaksanakan di luar jam (misalnya ketika istirahat atau setelah jam belajar harian telah berakhir).

Nah, itu saja pembahasan singkat dari kami.

Untuk melihat pembahasan yang lengkap, silahkan melihatnya di  bawah ini.

Download Pedoman Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan di SMA

Sumber:

  • File PDF pembelajaran tuntas remedial & pengayaan (Direktorat Pembinaan SMA).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *