proposal pembangunan pondok pesantren

Proposal Bantuan Pembangunan Pondok Pesantren Doc

Diposting pada

Pembangunan pondok pesantren merupakan suatu upaya menjaga pendidikan islam tetap utuh. Dengan adanya pondok pesantren, santri dapat tinggal di asrama yang jauh dari orang tua dan menimba ilmu di sana, sehingga kebiasaan tersebut akan menumbuhkan jiwa mandiri dan kuat.

Untuk membangun pondok pesantren dibutuhkan biaya yang cukup besar. Mengingat hal itu tidak mungkin dikeluarkan dari dana perorangan, maka jika ingin membangunnya kita membutuhkan bantuan dari luar agar dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Hal yang bisa dilakukan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengajukan proposal permohonan dana pembangunan pondok pesantren.

Berdasarkan hal tersebut, disini kami akan membagikan contoh proposal pengajuan dana pembangunan pondok pesantren. Seperti biasa, contoh dibagikan dalam bentuk file doc agar mudah diedit.

Di bawah ini, Anda juga dapat membaca fasilitas yang diajukan dalam proposal.

Fasilitas pondok pesantren yang dijukan:

  • Asrama santri;
  • Kelas;
  • Dapur dan ruang makan;
  • Kantor sekretariat;
  • Masjid/ Mushola;
  • Tempat kebersihan (MCK).

Dalam proposal, Anda bisa mempelajari format pendahuluan yang meliputi latar belakang proposal, tujuan, dan sebagainya. Selain itu, terdapat juga contoh rencana anggaran atau biaya pembangunan (RAB).

RAB bisa dijadikan acuan dalam menentukan besar biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan. Perlu diperhatikan bahwa RAB tidak bersifat statis karena harga bahan bangUnan setiap tahunnya selalu berubah (naik). Oleh sebab itu, perlu diubah sesuai dengan kondisi saat ini.

Hanya itu yang bisa disampaikan.

Selanjutnya…

Jika membutuhkan contoh proposal, Anda bisa mendownloadnya dalam bentuk file doc melalui tautan yang tersedia.

Semoga document yang dibagikan dapat membantu Anda dalam menyusun proposal yang dimaksud untuk kelancaran pengajuan membangun ponpes kepada pihak yang dapat menyumbangkan dana yang diperlukan sehingga niat untuk membangun pondok pesantren bisa berjalan dengan lancar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *