Contoh Renstra Sekolah Dasar, Plus Analisis SWOT

Setiap sekolah pasti menginginkan SDM yang berkualitas. Oleh karena itu, segenap elemen sekolah tentu membutuhkan sebuah rencana untuk meningkatkan kualitas SDM di dalamnya. Dalam mewujudkan upaya tersebut, maka dibutuhkan persiapan terstruktur dan strategi yang matang guna mewujudkan SDM yang di cita-cita-kan. Menyikapi hal tersebut, maka perlu adanya penyusunan Restra Sekolah.


Contoh Renstra Sekolah Dasar, Plus Analisis SWOT



Pengertian Renstra (Rencana Strategis) Sekolah Dasar

Apa itu renstra sekolah dasar ? - Renstra SD atau sekolah dasar merupakan sebuah perencanaan yang disusun secara teliti dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh sekolah dasar tertentu dalam menjalankan suatu program. Pertimbangan tersebut mengacu pada analisis SWOT.

Tujuan dilakukannya analisis SWOT dalam menyusun RENSTRA adalah untuk meminimalisir tingkat kegagalan yang mungkin terjadi saat melaksanakan program sekolah. Sehingga dari sana kita dapat memperhitungkan keberhasilan yang nanti akan dicapai saat menerapkan program yang dirancang sebelumnya. Hal ini penting terutama apabila program yang akan dilaksanakan ingin berhasil.

Tujuan Renstra untuk Sekolah Dasar

Apabila membicarakan tentang rencana strategis atau RENSTRA, sebetulnya ini tidak hanya berlaku untuk sekolah dasar saja, melainkan juga jenjang pendidikan lain di atasnya seperti SMP dan SMA.

RENSTRA itu sendiri tujuannya antara lain:
  • Menjamin agar tujuan sekolah dapat dicapai angka kepastian yang tinggi.
  • Mendukung koordinasi di antara semua elemen sekolah.
  • Menjamin terwujudnya Intregitas, Sinkronisasi dan Sinergi yang baik antara seluruh elemen sekolah atau lebih jauhnya dengan dinas pendidikan setempat.
  • Menjamin konsistensi dan keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.
  • Optimalisasi terhadap partisipasi warga sekolah serta masyarakat sekitar.
  • Menjamin terpenuhinya penggunaan sumber daya dengan efisien, efektif dan berkelanjutan.

Contoh RENSTRA Sekolah Dasar

Contoh rencana strategis ini dibagikan dalam rangka sharing contoh atau format terkait RENSTRA yang mungkin sedang atau akan dibuat oleh Bapak / Ibu di sekolah dasarnya masing-masing.

Contoh RENSTRA ini didedikasikan untuk seluruh elemen sekolah yang tergabung ke dalam TIM Penyusun Program Sekolah. Perlu Bapak/ Ibu ketahui, renstra berikut ini dilengkapi dengan analisis SWOT. Mengapa menggunakan analisis SWOT? Tujuannya hanya 1, yaitu untuk mengurangi angka kegagalan terkait program sekolah yang akan dijalankan.

RENSTRA Sekolah Dasar beserta Analisis SWOT-nya dapat diunduh melalui tautan berikut:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Renstra Sekolah Dasar, Plus Analisis SWOT"

Post a Comment