Pidato Upacara Motivasi Sebelum UAS (Ujian Akhir Semester Ganjil)


Ini merupakan contoh pidato upacara bendera hari senin untuk memberikan motivasi belajar menjelang pelaksanaan UAS. Kita tau sebentar lagi UAS akan dilaksanakan. Bila melihat kalender pendidikan tahun ajaran 2016/2017, pelaksanaan UAS atau Ujian Akhir Semester Ganjil di SMP akan dilaksanakan tanggal 5 Desember 2016. Oleh sebab itu, memberikan motivasi kepada para siswa adalah suatu kewajiban untuk setiap pendidik atau guru. Momen yang tepat untuk itu, bisa kita lakukan saat melaksanakan upacara bendera di sekolah pada hari senin besok (21 November 2016).

Manfaat pidato upacara sebelum UAS adalah memberikan dorongan atau spirit kepada peserta didik untuk belajar dengan giat sebelum pelaksanaan UAS dimulai. Untuk itu, penting kiranya bila siswa-siswi dipacu semangat belajarnya untuk mendapatkan hasil UAS yang maksimal. Pemberian amanat untuk tetap rajin belajar, membaca buku pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru bisa dianggap sebagai upaya guru untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan di sekolahnnya masing-masing. Entah itu di SD, SMP, SMA ataupun sekolah lainnya yang sederajat.

Contoh Pidato Upacara Motivasi Sebelum UAS (Ujian Akhir Semester Ganjil)
Sasaran dari pidato motivasi sebelum UAS ini adalah seluruh siswa atau peserta didik di sekolah. Anda bisa menggunakan pidato ini untuk memotivasi siswa SD, SMP, SMA, ataupun siswa MI, MTs, dan Madrasah Aliyah.

Harapan dari penulis terhadap contoh pidato ini yaitu ingin memotivasi siswa melalui melalui Amanat Bapak atau Ibu Guru yang membacanya kemudian menyampaikannya dalam upacara bendera. Semoga pidato ini dapat menggugah hati para siswa untuk mau belajar dengan sungguh-sungguh. Sehingga setelah pelaksanaan UAS berakhir, mereka bisa mendapatkan nilai yang memuaskan saat pembagian rapot sesuai harapan mereka. Tentu saja nilai yang diraih adalah melalui usahanya sendiri dengan cara yang jujur melalui proses belajar mereka di luar sekolah, baik di rumah ataupun di tempat lain.

Untuk mengefektifkan waktu, kami memberikan pidato ini dalam teks yang sedikit, agar pelaksanaan upacaranya bisa berjalan cepat atau singkat. Contoh pidato tentang motivasi sebelum UAS dapat Anda baca di bawah.

Catatan: Muqadimah atau pembuka pidato bisa Anda buat sendiri.

Pidato Upacara Motivasi Sebelum UAS (Ujian Akhir Semester Ganjil)
Assalamu alaikum wr.,wb.,
Alhamdulillah pada hari senin ini kita bisa melaksanakan upacara bendera seperti biasa dalam keadaan yang baik. Semoga kita selalu ada dalam lindungan Allah SWT. Amin.

Pada hari ini Bapak ingin menyampaikan sebuah amanat. Amanat ini sifatnya penting dan meski Anak-anakku perhatikan dengan saksama. Tak terasa, proses KBM di sekolah kita sudah berjalan selama 6 bulan ( 1 semester). Seperti biasanya, setelah kegiatan belajar telah mencapai 1 semester, kita akan menghadapi UAS Ganjil untuk tahun pelajaran 2016/2017 ini.

Dengan berdirinya Bapak di hadapan kamu sekalian sekarang ini, Bapak beramanat kepada anak-anakku semuanya agar mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS nanti pada tanggal 5 Desember. Untuk itu, sebagai pelajar sudah menjadi keharusan untuk belajar. Pelajarilah semua materi yang sudah Bapak-bapak dan Ibu-ibu guru kalian berikan di kelas. Mulai dari sekarang, sebaiknya kamu mengurangi waktu bermain. Perbanyak belajar di rumah, karena waktu tidak akan terasa.

Apakah anak-anakku sekalian ingin nilai UAS-nya bagus? Ya, kalau ingin nilai UAS kalian bagus-bagus, artinya kamu semua harus giat belajar. Dengan belajar sungguh-sungguh, Insya Allah nilai yang diperoleh pun akan baik dan melampaui KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Kalau begitu, kamu akan lulus dan tidak perlu melakukan perbaikan nilai. Jadi, kalau seperti itu hanya menunggu pembagian rapot.

Baiklah, kalau begitu kesimpulannya adalah harus memperbanyak waktu untuk belajar di rumah supaya nilai UAS kamu semua bagus. Kalau bagus, bisa jadi orang tua kamu akan memberikan hadiah atas nilai yang diraih. Apalagi kalau masuk ranking 5 besar, pasti mereka akan bangga memiliki anak yang berprestasi dalam belajar.

Semoga Amanat ini bermanfaat untuk anak-anakku semuanya. Akhirul qalam, wassalamu alaikum wr.,wb.,

Itulah Pidato Upacara tentang Motivasi Belajar Sebelum UAS (Ujian Akhir Semester Ganjil) yang bisa Bapak atau Ibu sampaikan dalam upacara bendera di hari senin besok. Terima kasih atas perhatiannya. Sampai berjumpa di contoh pidato dengan judul lainnya yang menarik.

Bila ingin mendownload contoh pidato tersebut di atas dalam bentuk dokumen microsoft word (doc), silahkan klik tautan download di samping ini. -> DOWNLOAD

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pidato Upacara Motivasi Sebelum UAS (Ujian Akhir Semester Ganjil)"

Post a Comment