Materi Kepramukaan: Kompas & Tanda Jejak Pramuka


Pada kesempatan ini saya akan membagikan Materi Pramuka tentang Kompas. Kami juga melengkapinya dengan materi tanda jejak dalam pramuka. Pramuka merupakan suatu kegiatan yang dinilai dekat dengan Alam. Oleh sebab itu, saat menjelajahi alam ada kecakapan khusus yang harus dimiliki seorang boyscout dan girlguide, yaitu kemampuan untuk membaca kompas dan mengenali tanda jejak.

Materi ini akan sangat bermanfaat untuk pembina pramuka. Selain itu, angota pramuka juga harus menguasai materi tersebut. Saat ada kegiatan penjelajahan, misalnya ke daerah hutan, maka kita tak akan tersesat di jalan bila mampu membaca arah dengan kompas. Di samping itu, setiap tanda jejak yang ditinggalkan bisa dengan mudah dipahami maksudnya.

Materi Kepramukaan tentang Kompas dan Tanda Jejak dalam Pramuka

 Kompas merupakan sebuah alat navigasi yang berfungsi dalam menentukan posisi melalui arah mata angin. Zaman dulu, kompas dibuat dengan memanfaatkan magnet yang hanya bisa menunjukkan arah utara dan selatan saja. Kompas jenis magnet ini ditemukan pertama kali pada masa Dinasti Han (Tiongkok). Di zaman modern seperti sekarang ini, kompas sudah tersedia dalam bentuk analog dan digital. 

Bagian-bagian kompas yang penting antara lain:
1. Dial, yaitu permukaan di mana tertera angka dan huruf seperti pada permukaan jam.
2. Visir, yaitu pembidik sasaran
3. Kaca Pembesar, untuk pembacaan pada angka
4. Jarum penunjuk
5. Tutup dial dengan dua garis bersudut 45
6. Alat penggantung, dapat juga digunakan sebagai penyangkut ibu jari untuk menopang kompas pada saat membidik.

Macam atau Jenis Kompas
  • Kompas bidik (kompas prisma),
  • Kompas orientering (kompas silva),
  • Kompas biasa.


Tanda Jejak merupakan isyarat/ kode yang diberikan oleh seseorang pada sebuah jalan / tempat dengan memberikan ciri-ciri khusus agar dimengerti oleh orang lain. Untuk memahami tanda jejak secara umum perlu adanya kesepakatan bersama dalam hal bentuk yang diberikan agar semua bisa mengerti. Begitu pun tanda jejak yang digunakan dalam pramuka.

Dalam pramuka, tanda jejak yang biasa digunakan diantaranya yaitu:
1. Goresan di tanah;
2. Jejak berupa ranting;
3. Jejak dengan rumput;
4. Jejak menggunakan batu;
5. Jejak dari cat.



Bagi yang disebutkan berikut ini:
1. Pembina pramuka
2. Anggota pramuka (Siaga; Penggalang; Penegak Bantara /Laksana)

Apabila membutuhkan materi kepramukaan yang kami maksud di atas. Dapatkan materi dalam bentuk ppt (powerpoint) yang bisa di download pada tautan berikut ini. 

Download Materi Kepramukaan tentang Kompas dan Tanda Jejak

Semoga dengan materi ini para pengunjung dapat mengenali jenis kompas dan menggunakannya. Serta dapat  dan memahami maksud dan membuat tanda jejak pramuka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Kepramukaan: Kompas & Tanda Jejak Pramuka"

Post a Comment