Penting! Materi Kepemimpinan dalam Pramuka


Materi Kepemimpinan Pramuka - Kepemimpinan adalah seni memimpin jiwa dan perasaan seseorang untuk mencapai tujuan bersama. Semua manusia pasti memiliki jiwa untuk menjadi pemimpin. Hanya saja cara setiap orang dalam memimpim punya karakter masing-masing. Pramuka salah satunya termasuk sarana dalam melatih kepemimpinan. Baik itu pramuka siaga, penggalang dan/atau penegak.

materi kepemimpinan pramuka
Gambar halaman depan materi kepemimpinan pramuka

Pengertian / Definisi Pemimpin dan Kepemimpinan
  • Pemimpin merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi hati dan perasaan orang lain, sehingga orang-orang bisa bergerak sesuai dengan instruksi pemimpin dalam rangka mewujudkan visi misi organisasi.
  • Kepemimpinan merupakan karakter yang dimiliki setiap orang untuk memimpin. Setiap orang memiliki gaya atau style kepemimpinannya masing-masing dalam memimpin.

Tipe / Karakter Kepemimpinan

1. Kepemimpinan Demokratis; adalah tipe kepemimpinan yang mengutamakan musyawarah mufakat di dalamnya untuk mencapai kesepakatan bersama. Ini memungkinkan semua komponen untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya masing-masing, sehingga semua lebih terbuka.

2. Kepemimpinan Otoriter; merupakan tipe kepemimpinan yang tertutup. Artinya, dalam mengambil keputusan organisasi yang menentukannya hanya pemimpin, tanpa melibatkan / mengikut-sertakan pendapat dari orang lain.

3. Kepemimpinan Laissez Faire; adalah tipe pemimpin yang masa bodoh. Maksudnya, pemimpin membiarkan kondisi bawahannya bertindak dan bergerak semaunya tanpa ada kontrol darinya.

4. Kepemimpinan Militer; adalah kepemimpinan yang menerapkan gaya seperti dalam bidang kemiliteran seperti ABRI atau POLRI.

Sifat-sifat yang meski dimiliki pemimpin 
Seorang pemimpin sebaiknya memiliki sifat ideal sebagai berikut:
1. Akhlak yang baik dan mulia;
2. Fisik yang sehat dan kuat;
3. Kemampuan berpikir logis dalam memecahkan masalah.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memberikan keteladanan dalam berpikir, bersikap, berbicara, dan bertindak. Seorang pemimpin sebaiknya memiliki kriteria seperti tertera dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Apa saja yang harus dilakukan saat seseorang menjadi pemimpin? Ketika menyandang status sebagai pemimpin, itu artinya pemimpin tersebut harus menjalankan beberapa tugas. Tugas pemimpin diantaranya:
1) Membimbing dan mengarahkan;
2) Memberikan nasihat dan petunjuk;
3) Membina anggota;
4) Mengantarkan organisasi menuju visi-misinya.

Hal lain yang harus dimiliki pemimpin adalah tanggung jawab. Seorang pemimpin harus punya tanggung jawab terhadap Tuhan YME, terhadap dirinya sendiri, anggota, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Kepemimpinan dalam Pramuka 
Kepemimpinan Pramuka diterapkan berdasarkan pada sistem among atau pamong. Kepemimpinan pamong ini meliputi prinsip yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan, yakni "Inga Ngarso Sun Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani". Prinsip tersebut digunakan dalam membina gerakan kepramukaan baik di tingkat siaga, penggalang, penegak dan pandega.

Bagi yang ingin mendapatkan Materi Kepemimpinan Dalam Pramuka berbentuk file powerpoint (PPT). Kami sarankan untuk mendownloadnya di bawah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penting! Materi Kepemimpinan dalam Pramuka"

Post a Comment