Inilah Sejarah Singkat Gerakan Pramuka yang wajib Anda ketahui


Definisi Sejarah:

Sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Ini artinya sejarah merupakan suatu fakta dan benar-benar terjadi. Sejarah muncul karena adanya pelaku. Peristiwa tersebut bisa diceritakan/ diungkap kembali di zaman sekarang. Untuk menceritakannya maka harus ada saksi yang menjadi bagian dari sejarah, termasuk juga sejarah tentang pramuka.

Kepanjangan Pramuka:

Pramuka atau disebut juga gerakan pramuka merupakan sebuah organisasi kepanduan. Pramuka merupakan sebuah singkatan dari 3 Kata, yakni: Praja, Muda, Karana. Ini memiliki arti bahwa pramuka adalah sekumpulan orang berjiwa muda yang kreatif dan senang berkarya.

Arti dari Lambang Pramuka:

Pramuka memiliki lambang berupa Tunas Kelapa. Filosofi yang diambil dari tunas kelapa (kitri) memiliki arti bahwa anggota pramuka meski memiliki jiwa muda. Makna dari pohon kelapa secara keseluruhan mempunyai maksud bahwa kelapa adalah tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Mulai dari daun, batang, dan akar kelapa semuanya berguna dalam kehidupan. Selain itu, pramuka juga identik dengan warna cokelat. Filosofi warna cokelat melambangkan tanah yang subur. Maksudnya, pramuka meski berjiwa produktif.

Sejarah Singkat Pramuka (di Dunia dan di Indonesia)

  • Di dunia, Pramuka pertama pertama kali didirikan oleh seorang Pria berkebangsaan Inggris yang bernama Robert Stephenson Smyth Baden-Powell. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Pandu Sedunia. Baden-Powell ini adalah seorang militer yang senang berkarya dan mendidik anak laki-laki untuk mencintai alam dan melakukan kegiatan yang berguna. Menjelajah adalah salah satu hobi yang selalu beliau lakukan.
  • Adapun di Indonesia, Gelar Bapak Pramuka dimiliki oleh Bapak Hamengkubuwono ke-IX. Beliau adalah seorang Sultan dari Yogyakarta. Karirnya di dalam kepramukaan tak diragukan lagi. Karena dedikasi dan loyalitasnya, beliau mendapatkan jabatan sebagai Kwarnas (Kwartir Nasional) di Negara Republik Indonesia. Beliau juga merupakan pelopor dari peralihan gerakan kepanduan menuju kepramukaan. Karena jasa itu, Sri Sultan juga mendapat Penghargaan Bronze Wolf Award. Penghargaan itu diberikan oleh WOSM (World Organization of the Scout Movement) pada tahun 73-an.

Pramuka di Satuan Pendidikan (Sekolah)

Kini pramuka telah menjadi Organisasi besar dan wajib ada sebagai kegiatan ekstrakurikuler di semua jenjang pendidikan formal. Ini mengharuskan semua tingkatan sekolah maupun madrasah untuk memiliki Gudep (Gugus Depan). Pada tingkatan SD/MI, pramuka dikenal dengan sebutan Pramuka Siaga. Di jenjang SMP/MTs, kita juga mengenal Pramuka Penggalang. Pada tingkatan SMA/SMK, ada Pramuka Penegak. Dan di perguruan tinggi, ada Pandega.

Jenis-jenis / Macam Pramuka di luar sekolah (Satuan Karya Pramuka)

Pramuka ternyata dilaksanakan juga di luar. Gerakan pramuka ini biasa dikenal dengan SAKA (Satuan Karya). Pramuka ini diselenggarakan oleh berbagai satuan / pangkalan. Ada macam-macam Saka di Indonesia, diantaranya:
  1. Saka Bhayangkara; Kegiatan pramuka ini dibina oleh POLRI (Polisi Republik Indonesia). Selain mengenal kepramukaan secara umum, dalam saka bhayangkara juga dibekali materi atau pembahasan tentang ilmu-ilmu kepolisian. Pengetahuan tentang SAR (Search and Rescue) atau sekarang dikenal dengan PPB (Pencegahan dan Penanggulangan Bencana); DAMKAR (Pemadam Kebakaran); Kamling / Tibmas (ketertiban masyarakat; Lantas (Lalu Lintas); dan PTKP (Pengenalam Tempat Kejadian Perkara). Semua itu merupakan kecakapan khusus yang meski dimiliki oleh anggota saka Bhayangkara. Dan sebagai penghargaan dari kecakapan anggota, ini dihadiahkan dengan sebuah KRIDA.
  2. Saka Dirgantara; Kegiatannya dikelola dan dibina oleh TNI AU / Angkatan Udara (AURI).
  3. Saka Bahari; Satuan Karya ini ada dibawah binaan TNI AL (Angkatan Laut).
  4. Saka Bakti Husada; Saka yang khusus memperdalam bidang kesehatan.
  5. Saka Bakti Kencana / Keluarga Berencana; Saka tersebut dibina oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya dan bekerjasama dengan BKKBN.
  6. Saka Taruna Bumi; Gerakan Pramuka ini bekerjasama dengan Departemen Pertanian & LIPI.
  7. Saka Wanabakti; Kepramukaan di luar sekolah yang bekerja sama dengan Perhutani dan Departemen Kehutanan.
  8. Saka Wirakartika; Satuan karya ini termasuk baru bila dibandingkan dengan Saka sebelumnya di atas. Bergulir sejak akhir 2007. Dibina oleh TNI AD (Angkatan Darat).
  9. Saka Kalpataru; Saka ini bergerak di bidang lingkungan. Saka tersebut digulirkan sejak keluarnya SK (Surat Keputusan) yang disepakati oleh Menteri Lingkungan Hidup dengan Kwarnas Pramuka tahun 2011.
Itulah Sejarah Singkat Kepramukaan yang meski Anda tau. Mulai dari seluk-beluk definisi, lambang, sejarah di dunia, di indonesia, dan gerakan pramuka yang ada di sekolah maupun di luar. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam Pramuka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Sejarah Singkat Gerakan Pramuka yang wajib Anda ketahui"

Post a Comment