Cara membuat & Mengirim Lamaran Kerja via Email


Berikut akan saya bahas cara membuat lamaran kerja dan mengirim lamaran tersebut melalui email. Pengirimannya bisa dilakukan melalui komputer atau desktop. Tapi, pada dasarnya cara ini pun berlaku bagi Anda yang ingin membuat dan mengirimkan lamaran kerja melalui email dari hp smartphone, ataupun tablet.

Teknologi yang semakin maju memberi banyak kemudahan kepada banyak orang dalam berkomunikasi. Perkembangan internet, komputer, dan hp, kini dirasa memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dulu, ketika ingin menghubungi seseorang yang jauh hanya bisa dilakukan dengan menulis surat, kemudian memberikannya ke kantor pos untuk dikirim. Zaman sudah berubah, teknologi cyber dan serba cepat kini memungkinkan orang-orang bisa saling surat menyurat melalui email.

Saat HP belum begitu canggih, email banyak dikirim melalui komputer desktop maupun laptop. Seiring berkembangnya teknologi dan perangkat komunikasi seperti hp. Kini HP juga memungkinkan kita bisa membuat dan mengirim email. Apa saja email yang bisa saya buat melalui HP? Terserah, Anda mau menulis email untuk apa saja, termasuk membuat lamaran kerja sekalipun.

Lalu bagaimana caranya? Gampang, silahkan baca sampai beres artikel ini.
  1. Pertama, sebelum membuat lamaran melalui email, Anda harus punya akun khusus email dulu. Bisa Google Mail (Gmail); ataupun Yahoo Mail (Ymail).
  2. Buka akun dengan cara login.
  3. Cari menu utama di dasbor bertuliskan "Tulis", lalu klik. Itu artinya, Anda siap untuk membuat tulisan atau menulis email.
  4. Setelah itu akan muncul tampilan dengan judul pesan baru. Di sana bisa Anda lihat 3 kolom yang harus Anda isi, meliputi: Kepada, Subjek, Isi Pesan.
Keterangan:

Kolom 'kepada', menunjukkan target yang akan dituju, alias penerima. Kolom tersebut harus diisi dengan alamat email penerima. Jika pesan Anda ditujukan kepada perusahaan untuk melamar, silahkan isi dengan email milik perusahaan tersebut.

Subjek; pilihan tersebut bisa Anda isi dengan maksud dari email yang dikirim. Misal: Jika maksudnya dari pesan yang dibuat dan dikirimkan adalah untuk melamar kerja, silahkan subjeknya Anda isi dengan kalimat "Permohonan Lamaran Kerja".

Isi; pada kolom ini Anda dipersilahkan untuk menulis sesuatu seperti ucapan salam, memperjelas maksud, dan penutup statement. Kalau berdasarkan pengalaman saya, berkas lamaran kerja tidak Anda masukkan di kolom ini. Berkas lamaran seperti Surat lamaran kerja, CV, Ijazah, Daftar Riwayat Hidup, Sertifikat, KTP, dan lain sebagainya harus Anda scan. Semua itu dimasukkan ke dalam folder (.rar / .zip). Setelah itu, anda harus melampirkannya bersama email tersebut. Caranya dengan klik 'lampirkan file'. Tunggu proses unggah / upload sampai selesai dan berhasil. Selanjutnya, klik 'kirim'.

Itulah Cara membuat & Mengirim Lamaran Kerja via Email yang bisa saya sampaikan. Bila ada pertanyaan, silahkan kirim komentar Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat & Mengirim Lamaran Kerja via Email"

Post a Comment