Pidato Upacara Bendera Tema Membangkitkan Motivasi Belajar


Contoh Pidato Upacara Bendera Tentang Tema Membangkitkan Motivasi Belajar Para Siswa
Gambar Naskah Pidato Upacara Bendera Hari Senin dengan tema membangkitkan semangat dan motivasi belajar

Berbagi contoh pidato upacara bendera dalam bentuk naskah dengan tema membangkitkan semangat dan motivasi belajar. Motivasi merupakan hal utama yang penting dan harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk pelajar atau siswa. Motivasi atau dorongan perasaan sudah semestinya dimiliki para siswa/siswi terutama dalam menjalani proses belajar di sekolah. Jika para pelajar memiliki motivasi yang kuat, sudah tentu keberhasilan dalam belajar pun dapat diraih. Akan tetapi, permasalahan yang timbul baru-baru ini khususnya di Negara Indonesia berdasarkan yang penulis alami, justru semangat siswa terhadap belajar mulai menurun. Oleh sebab itu, perlu adanya penyemangat yang bisa membangkitkan kembali semangat belajar seluruh siswa agar mereka menjadi rajin dan sungguh-sungguh 'menimba' ilmu.

Bagi Bapak / Ibu yang mendapat giliran sebagai pembina upacara bendera pada hari senin mendatang, kami sarankan untuk membaca naskah pidato upacara yang kami siapkan, apabila Anda sekalian ingin membahas dan memberikan amanat tentang motivasi belajar kepada siswa/siswi Anda di sekolah. Berikut contoh pidato yang bisa dipelajari untuk persiapan menjadi pembina pada pelaksanaan upacara bendera nanti.


Assalamu alaikum wr wb.
Di hari senin yang berbahagia ini, alhamdulillah kita bisa menjalankan salah satu kewajiban kita melaksanakan upacara bendera. Pertama, tak ada salahnya jika kita mengucapkan hamdallah sebagai rasa syukur kita terhadap sang Pencipta, karena telah diberi banyak nikmat. Salawat dan salam yang selalu kita panjatkan dalam ibadah 5 waktu semoga sampai juga kepada sahabat Rasulullah SAW, dan mudah-mudahan kita juga terlimpahi karunianya. Amiin.

Siswa siswi yang Bapak banggakan, waktu ke waktu terus berputar. Tak terasa zaman ke zaman pun terus maju dan teknologi pun semakin canggih. Di balik itu semua, sebagai pengamat terkadang Bapak bingung. Yang membuat saya bingung, kenapa zaman semakin modern tapi semangat dan motivasi siswa dalam belajar justru semakin mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Ini yang membuat Bapak menjadi heran dan bertanya-tanya. Apa kiranya yang menyebabkan itu terjadi pada kalian semua?

Bila dilihat, seharusnya motivasi belajar siswa di zaman serba praktis sekarang ini harus lebih meningkat. Adanya internet, hp, seharunya itu lebih meningkatkan motivasi kalian dalam belajar. Tapi, kenyataan yang terjadi malah sebaliknya.

Sebelumnya saya ingin memberikan sebuah ilustrasi melalui pertanyaan-pertanyaan yang akan saya ajukan kepada kalian semua. Mohon di jawab dengan hati kecil anak-anakku sekalian!. Apakah anak-anakku ingat dulu saat kalian masih balita? Atau bahkan sekarang bisa kalian lihat seorang bayi yang sedang belajar berjalan. Pernahkah bayi itu lelah mencoba melangkahkan kakinya? Apakah ketika bayi tersebut jatuh lantas membuatnya kapok dan berhenti berusaha? Coba renungkan anak-anakku, sang bayi yang sedang belajar berjalan, dengan gigih berusaha agar dirinya cepat bisa. Tidak ada rasa kapok dalam dirinya ketika ia jatuh dan menangis. Setelah menangis, ia mengangkat lagi badannya dan mencoba menggerakan kakinya langkah demi langkah agar keinginannya segera tercapai.

Dengan ilustrasi tersebut, bapak mencoba memberikan renungan sekaligus motivasi kepada kamu semua. Ternyata manusia itu telah lupa akan motivasi besar dan kuat yang terpendam dalam dirinya, termasuk saya pribadi. Padahal, saat masih bayi kita memiliki keinginan kuat dan motivasi yang besar untuk mewujudkan semua yang diharapkan menjadi nyata. Pelajaran itu dapat kita ambil dari ilustrasi yang bapak bicarakan tadi. Jadi, apa yang sebenarnya terjadi pada diri kalian saat ini yaitu telah hilangnya kesadaran bahwa kita manusia mempunyai potensi yang berharga daripada apapun. Potensi itu adalah motivasi. Oleh karenanya, perlu kamu sekalian sadari bahwa motivasi adalah modal utama dalam meraih keberhasilan. Dengan jiwa semangat dan motivasi yang kuat, tak ada sesuatu yang mustahil. Bahkan, prestasi belajar pun bisa kamu raih ketika ada motivasi yang kuat untuk belajar.

Semoga ini bisa menjadi meningkatkan motivasi kamu semua sebagai pelajar untuk terus semangat dan giat dalam belajar. Sehingga, di masa depan kamu dapat meraih semua yang kamu cita-citakan.

Untuk mendapatkan naskah di atas, silahkan unduh tautan berikut:


Hanya itu yang dapat WindowBrain sampaikan. Semoga berguna dan membawa manfaat.

Silahkan baca juga:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pidato Upacara Bendera Tema Membangkitkan Motivasi Belajar"

Post a Comment