Blogging: Cara menulis artikel yang baik

Sudahkah Anda mengetahui cara menulis artikel? Atau tahukah anda cara menulis artikel yang baik? Ini saatnya Anda belajar melalui tutorial dari kami. Menulis artikel merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang penulis, terutama penulis blog. Blog adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk berbagi informasi berupa tulisan, gambar, suara, video, dan sebagainya.

Bila ditanya seperti apakah artikel yang baik itu? Jawabannya tergantung dari jenis artikel itu sendiri. Apakah memuat berita? Ataukah tips? Resep masakan? Semua itu ada karakternya masing-masing. Pada artikel yang saya buat ini, saya akan memberikan gambaran untuk Anda. Semoga ini bisa bermanfaat nantinya untuk 'menanamkan' mainset kepada Anda seperti apa artikel itu seharusnya.

Artikel yang baik secara umum adalah artikel yang bisa memberikan apa yang dicari oleh pengunjung.

Contoh kasus: bila Anda adalah seorang pengguna internet yang sedang mencari informasi atau apapun yang benar-benar Anda butuhkan, pasti Anda akan memilih situs yang dapat memberikan kepuasan. Anda akan memilih situs mulai dari peringkat #1 dan seterusnya. Jika artikel yang Anda kunjungi di peringkat #1 tidak sesuai dengan harapan, maka Anda akan membuka lagi artikel lainnya sampai menemukan yang benar-benar Anda cari.

Berdasarkan ilustrasi yang saya berikan di atas, itulah jawaban tersirat untuk menentukan artikel yang baik. Lalu bagaimana cara menulis artikel yang baik?

Untuk menghasilkan artikel yang baik, Anda harus menjadi ahli dalam permasalahan tersebut. Jika artikel yang Anda tulis itu adalah berita, maka cantumkanlah beberapa fakta yang memperkuat tulisan tersebut. Apabila artikel yang Anda tulis berupa artikel download, maka berikan kemudahan bagi pengunjung Anda dalam mendownload file yang mereka butuhkan. Dan kalau artikel yang ditulis merupakan artikel resep makanan, maka berikanlah bahan makanan yang diperlukan, bumbu, cara memasak, samapai pada kandungan gizi yang ada pada masakan tersebut.

Intinya, berikan pelayanan yang memuaskan kepada para pengunjung blog Anda.

Selain hal yang sudah saya jelaskan, ada beberapa hal lain yang meski Anda pahami sebelum menulis artikel.
Agar bisa menulis artikel yang baik, perhatikan hal-hal berikut:
  1. Buatlah judul yang menarik perhatian pengunjung. Saat membuat judul untuk artikel, sebaiknya hindari penggunaan judul yang terlalu panjang. Judul yang singkat, menarik, dan deskriptif dapat membantu para pengunjung dan mesin telusur dalam memahami konten yang Anda sajikan.
  2. Buatlah kalimat deskripsi pada bagian awal artikel yang menjelaskan secara singkat tentang apa yang akan Anda bahas. 
  3. Anda harus menulis artikel dengan pembahasan yang rinci, mendalam, atau memuat banyak informasi yang bermanfaat dan pastinya masih berhubungan dengan pembahasan Anda.
  4. Hindari aktivitas membajak karya orang lain atau biasa disebut copas. Seburuk atau serancu apapun kalimat yang Anda tulis untuk artikel, yang terbaik tetaplah hasil karya sendiri.
  5. Hindari kata atau kalimat yang jumlahnya tidak wajar, apalagi kalau tujuannya untuk membidik kata kunci. Teknik seperti itu hanya akan membuat artikel Anda jauh dari penelusuran, karena akan dianggap sebagai spam. Jadi, gunakanlah kalimat yang sewajarnya.
  6. Berilah media pendukung untuk artikel yang Anda buat. Bisa berupa video, gambar, ataupun suara, bila sekiranya itu dapat membantu pengunjung.
  7. Gunakan ejaan yang benar agar mesin telusur tidak menganggapnya sebagai sebuah kesalahan.
Itulah tutorial yang bisa kami sampaikan. Semoga apa-apa yang kami tulis dalam artikel ini bisa memberikan Anda pengetahuan mendasar mengenai cara menulis artikel yang baik, sehingga pengunjung cinta dengan tulisan yang Anda buat. Semoga sukses.

Jika tertarik, lihat juga video di bawah ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blogging: Cara menulis artikel yang baik"

Post a Comment