Contoh Pidato Upacara Bendera Senin Tentang Disiplin


Contoh Pidato Upacara Bendera Hari Senin Tentang Disiplin adalah contoh pidato terbaru yang dibuat dengan baik oleh windowbrain sebagai bahan amanat pembina upacara dengan tema kedisiplinan yang nantinya akan disampaikan pada pelaksanaan upacara bendera yang rutin dilaksanakan pada hari senin di sekolah. Contoh ini berupa naskah atau teks dan sediakan dalam bentuk file word [doc]. Pidato bisa digunakan oleh semua jenjang pendidikan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.

CONTOH NASKAH PIDATO UPACARA BENDERA HARI SENIN TENTANG DISIPLIN - WINDOWBRAIN.COM


Kedisiplinan merupakan hal positif yang harus ditanamkan pada diri siswa/pelajar/peserta didik sejak dalam masa-masa sekolah. Jika tumbuh sifat disiplin dari diri mereka, maka secara otomatis sifat tersebut akan terbawa sampai dewasa sehingga akan menumbuhkan tanggung-jawab. Bila disiplin sudah menjadi jati diri, maka generasi penerus akan memiliki kepribadian yang utuh dan baik.

Disiplin bisa terwujud jika ada kemauan besar untuk merubah kebiasaan kurang baik. Dengan mentaati peraturan sekolah, maka lambat-laun sifat itu akan tumbuh dari dalam jiwa seseorang termasuk semua siswa.

Apa yang harus dilakukan untuk bisa menumbuhkannya? Salah satunya bisa melalui penyampaian amanat pada momen upacara bendera pada hari senin oleh pembina upacara. Dengan begitu seluruh peserta didik/siswa/pelajar akan terus diingatkan untuk bisa meningkatkan kedisiplinan.

Contoh pidato bisa bisa disimak di bawah.

Assalamu alaikum wr., wb.,

Innal hamdalillah nahmaduhu wa nasta'inuhu wa nastagfiruhu, wa na'udzubillahi min syururi anfusinaa wasayyiati a'malinaa, mayyah dillahu falaa mudillalah waman yudlilhu falaha diyalah...

Kepala Sekolah, Para Guru, Staf TU yang saya hormati dan anak-anakku yang saya banggakan.

Untuk yang pertama, marilah kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat ilahi rabbi yang telah memberikan kita kenikmatan. Tak lupa juga salawat dan salam semoga selalu dicurahkan kepada Rasulullah SAW beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya termasuk kita. Amin.

Anakku sekalian, pada kesempatan berbahagia ini bapak akan memberikan amanat kepada kalian mengenai kedisiplinan.

Kedisiplinan itu bagaikan sebuah poros yang bisa mengantarkan manusia pada keberhasilan. Tidak ada sebuah keberhasilan, kemenangan, dan kesuksesan yang bisa diraih tanpa disiplin. Jika kalian tidak percaya, silahkan tanyakan pada orang-orang sukses yang ada disekitar kalian apa rahasia agar hidup bisa sukses? Jawabannya pasti ketekunan, rajin, dan konsisten. Ketiga prinsip tersebut tentunya sangat berkaitan sekali dengan tingkat seseorang. Tak ada kata tekun, rajin, dan konsisten yang terpisah dari disiplin.
 Oleh sebab itu jika kalian sebagai pelajar ingin menjadi orang yang berhasil maka harus bisa menumbuhkan sifat disiplin dari diri masing-masing. Jika bapak tanya, apakah kalian hidup di dunia ini ingin berhasil? Bapak sudah bisa menebak pasti semua ingin berhasil.

Apa yang harus dilakukan agar bisa disiplin?

Caranya sederhana, yaitu kalian harus bisa menaklukkan diri untuk bersikap semaunya. Dengan mentaati semua aturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah atau dimanapun, maka kalian sudah bisa dikatakan hidup disiplin. Tips sederhana dari bapak untuk kalian yang ingin maju dan berusaha merubah diri untuk disiplin:

1. Ikuti semua aturan yang berlaku dalam hal apapun
2. Buat jadwal untuk kegiatan kalian di luar sekolah dengan seadil-adilnya

Hanya dengan 2 tips itu kalian bisa memulai untuk terbiasa disiplin.

Walaupun 2 tapi bapak yakin akan banyak sekali godaan yang datang untuk melaksanakannya dengan penuh konsisten. Tak ada cara lain, hanya itu.

Lakukanlah anakku sekalian, jika memang kamu semua ingin hidup sukses dan berhasil di dunia atau lebih jauhnya di akhirat.

Semoga kalian diberikan kemudahan dalam melaksanakan itu, karena bapak yakin hati nurani kalian berkata "ya".

Mudah-mudahan kalian bisa memaknai semua yang bapak sampaikan dan semoga kamu semua menjadi anak-anak penerus bangsa yang berhasil, sukses, dengan mengandalkan sifat disiplin dan tanggungjawab, sehingga keberhasilan di dunia bisa terwujud, begitupun di akhirat.

Ada doa yang bisa kamu panjatkan untuk kesuksesan dan istikomah dalam kedisiplinan.
Robbanaa atinaa fiddunyaa hasanah wa fil-akhirati hasanah waqinaa adzaban-naar.

Semoga yang bapak sampaikan masuk ke hati kalian sehingga akan direnungkan dan dilaksanakan dengan penuh tanggung-jawab dan disiplin.

Akhirul kalaam

Wassalaamu alaikum wr., wb.,

Dapatkan teks/naskah pidatonya melalui tautan berikut:

Download Contoh Pidato Upacara Bendera Senin Tentang Disiplin

Subscribe to receive free email updates: