Download Aplikasi kalkulator zakat mal

Aplikasi kalkulator zakat mal adalah aplikasi terobosan baru yang berfungsi untuk melakukan perhitungan zakat harta yang harus dikeluarkan atau nisab. Aplikasi tersebut, secara khusus akan sangat berguna untuk amil zakat.

Zakat mal (Zakat Harta) dalam bahasa arab di tulis "zakat maal" adalah zakat wajib yang harus dibayarkan kepada para mustahiq zakat (penerima zakat) bisa melalui amil zakat atau juga oleh kita sendiri dengan syarat anda harus paham dulu apa itu zakat mal. Apa itu zakat mal? Zakat mal merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh seseorang ketika harta kekayaannya sudah melampaui nisab. Zakat mal ini besarnya di atur sesuai dengan hukum islam, bisa anda lihat dalam ilmu fiqih.

Kapan saya harus mengeluarkan zakat mal? zakat mal harus dikeluarkan saat harta anda telah mencapai nisab, akan tetapi sebetulnya bukan hanya itu saja syaratnya, masih ada syarat yang lain yaitu: harta itu harus benar-benar milik anda sendiri, harta tersebut berpotensi untuk berkembang, telah mencapai batas pengeluaran zakat (nisab), zakat bisa berlaku kalau kebutuhan pokok sudah tercukupi dulu, terbebas dari belenggu hutang piutang (utang), dan sudah haul.

Apa saja harta yang harus dizakati? Tidak ada pembatasan bagi zakat mal, yang pasti orang itu sudah mencapai ketentuan syarat di atas, maka ketika itu pula dia wajib untuk berzakat. Akan tetapi berdasarkan benda atau objeknya, benda yang harus di zakati (yang dikeluarkan zakatnya) meliputi harta dari hewan ternak, harta dari hasil pertanian, harta hasil pertambangan, harta berupa emas dan perak, harta hasil berdagang, dan harta dari gaji atau harta profesi (misalnya pegawai negeri sipil dan sebagainya).

Kepada siapa saya harus memberikan zakat ini? Dalam Al-Quran, tepatnya dalam surat At-Taubah: 60, Allah SWT telah menetapkan orang-orang yang wajib menerima zakat atau biasa disebut sebagai mustahik zakat. Orang-orang yang tergolong ke dalam mustahik zakat di antaranya yaitu ada 8 golongan:
  1. Orang Faqir (yang tidak mampu membeli apapun untuk memenuhi kebutuhannya sama sekali)
  2. Orang miskin (orang yang serba kurang, masih bisa membeli kebutuhan hidupnya sebagian)
  3. Amil atau bisa juga disebut panitia zakat
  4. Mualaf (Orang yang baru masuk islam)
  5. Hamba Sahaya (Budak belian)
  6. Gharim (orang yang memiliki banyak utang)
  7. Sabilillah atau orang yang ada berjuang demi agama islam
  8. Ibnu sabil atau orang yang tertimpa kesengsaraan dan sedang ada dalam perjalanan
 Itulah penjelasan seputar zakat yang bisa kami sampaikan.

Kembali lagi ke aplikasi kalkulator zakat. Apabila anda sebagai umat muslim ingin mengetahui apakah anda sudah nisab dan wajib mengeluarkan zakat,  maka anda bisa menggunakan aplikasi kalkulator zakat berbasis excel yang kami sediakan secara gratis.

Aplikasi kalkulator zakat yang disediakan oleh kami ini dapat anda download di artikel ini. Jika berminat, silahkan di download. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Aplikasi kalkulator zakat mal"

Post a Comment