contoh program kerja pramuka penggalang smp - pramuka ramu, rakit, dan terap terbaru


Contoh Program Kerja Pramuka SMP - Program kerja pramuka yang akan diberikan kali ini yaitu program kerja kegiatan ekstra kurikuler pramuka untuk SMP yang termasuk ke dalam ambalan penggalang ramu, rakit, dan terap. Pramuka atau praja muda karana, adalah sebuah organisasi Internasional yang didirikan oleh seorang berkebangsaan Inggris yakni Robert Baden-Powell.

Sebelum saya memberikan contoh program kerja pramuka, ada baiknya kalau anda membaca dulu sekilas tentang sejarah pramuka. Seperti telah dikatakan sebelumnya, Pramuka merupakan sebuah organisasi internasional yang didirikan oleh  seseorang keturunan bangsa Inggris, Robert boden powell. Nama lengkap dari boden powell ini adalah Robert Stephenson Smyth Baden-Powell. Beliau lahir pada tanggal 22 Februari 1957, dan wafat pada tanggal 8 Januari 1941. Boden powell adalah seorang letnan satu umum pada jabatan tentara. Dia juga seorang penulis, dan yang lebih penting beliau sendiri pendiri gerakan pramuka dunia.

Lulus dari Sekolah Charterhouse, baden powell bertugas menjadi seorang tentara angkatan darat Inggris. Di tahun 1988, saat perang Boer terjadi, tepatnya di Benua Afrika bagian selatan. Pada waktu itu ia menulis beberapa buku dengan tema kemiliteran, ternyata disukai dan banyak dibaca oleh para remaja laki-laki. Badeen powell selalu mengembangkan gagasannya melalui kegiatan berkemah dan penjelajahan, dari sanalah mulai dikenal istilah gerakan kepanduan. Bapak pramuka se dunia itu memiliki adik perempuan yang bernama Agnes Baden powell, ia juga aktif dalam membimbing kepanduan khusus pada anak remaja putri.

Itulah sejarah singkat tentang pramuka.

Kembali lagi ke program kerja. Kegiatan pramuka di Indonesia terbagi menjadi beberapa tingkatan, namun yang akan saya bahas adalah pramuka yang ada di SMP. Kegiatan Pramuka di SMP memiliki nama tingkatan tersendiri yang disebut sebagai pramuka penggalang. Tingkatan tersebut dibagi lagi menjadi 3, yakni penggalang ramu, rakit, dan terap.

Penggalang ramu, adalah golongan pramuka penggalang yang disandang oleh kelas vii SMP, sedangkan untuk kelas viii smp, nama penggalangnya adalah penggalang rakit, dan penggalang di kelas IX memiliki julukan penggalang terap.

Untuk menjalankan kegiatan, maka gerakan pramuka harus memiliki program kerja. Program tersebut bisa disusun oleh pengurus pramuka atau juga bisa dibantu oleh pembinanya.

Apakah anda sudah memiliki program kerja untuk pramuka di sekolahnya?
Jika belum punya kebetulan kami punya contohnya. contoh proker pramuka smp dapat anda download pada tautan berikut:

Contoh Program Kerja Pramuka Penggalang SMP Terbaru [ download docx. ]


Referensi bacaan:

Wikipedia Indonesia - Sejarah Baden Powell


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "contoh program kerja pramuka penggalang smp - pramuka ramu, rakit, dan terap terbaru"

Post a Comment