Kenali ciri-ciri kanker mesothelioma dan pencegahannya

Mesothelioma merupakan suatu penyakit kanker yang bersifat ganas yang menyerang selaput atau membran pleura, Kanker ini dikenal juga dengan sebutan "malignant mesothelioma". Penyakit kanker mesothelioma selalu erat kaitannya dengan debu asbes. Biasanya penyakit ini menyerang orang-orang yang bekerja di pabrik atau perusahaan industri asbes atau di Barat dikenal dengan sebutan asbestos.

Ciri-ciri orang yang terkena penyakit kanker mesothelioma

1. Penderita akan selalu merasakan kesakitan pada daerah dada
2. Merasakan sesak
3. Mudah cape
4. Kekurangan eritrosit
5. Sering mengalami batuk

Seperti yang kita ketahui dari pemberitaan publik, bahwa kanker mesothelioma terdiri atas 3 jenis, yaitu:

1. Kanker Mesothelioma Epithelioid
2. Kanker Mesothelioma Sarcomatoid
3. Kanker Mesothelioma Biphasic

Ketiga kanker tersebut memang beda sebutannya tapi pada dasarnya mereka menyerang organ bagian paru-paru para penderita.

ciri-ciri kanker mesothelioma dan cara mencegar kanker mesothelioma
Sumber gambar: wikipedia - Mesothelioma
Ada 3 hal yang bisa dilakukan untuk mendiagnosa seseorang apakah ia terkena meshotelioma atau tidak. Adapun cara itu bisa dengan sistem sinar X (Rontgen), Teknik Biopsi, dan Immunochemystri (Uji kekebalan tubuh terhadap zat kimia).

Perlu anda ketahui, ternyata kanker ini menyebar. Mesothelioma dapat menyebar pada beberapa fase atau tahapan:

Tahapan 1 - Mesothelioma belum berkembang dan belum menyerang keseluruhan dari organ tubuh sehingga para penderita tahap 1 ini belum menyadari dirinya terserang mesothelioma.

Tahapan 2 - Pada tahap ini penderita sudah menyalami serangan meshothelioma dan kanker itu sudah mulai menyerang bagian pleura pada paru-paru. Tidak hanya itu saja, bahkan menyerang bagian kelenjar getah bening yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia. Pada tahap ini juga si penderita dianjurkan untuk menjalani operasi.

Tahapan 3 - Pada tahapan ini penderita mesothelioma tidak bisa menjalani operasi lagi dan bagian yang terserang kanker akan sangat tampak jelas terlihat di bagian kerongkongan dan dada.

Tahapan 4 - Tahapan ini mungkin penderita kanker ini tidak dapat ditolong lagi secara medis, karena kanker sudah menjalar ke bagian tubuh yang lain sehingga operasi hanya akan percuma saja. Kemungkinan untuk sembuh sangatlah tipis. Walaupun begitu, tapi kita sebagai manusia tidak boleh berputus asa, serahkan semuanya pada Tuhan dan Berdoalah untuk yang terbaik.


Cara mencegah kanker mesothelioma

Mencegah kanker mesothelioma tentunya lebih baik dari pada mengobati. Berikut cara mencegah atau setidaknya meminimalisir penyakit mesothelioma.

  1. Penggunaan perangkap debu asbes di udara untuk pabrik yang menggunakan sistem tertutup.
  2. Pabrik harus memperhatikan kebersihan tempat
  3. Menggunakan sistem ventilasi yang baik menurut anjuran tenaga ahli
  4. Menggunakan masker yang memenuhi standar ahli kesehatan saat bekerja di pabrik asbes.

Itulah ciri-ciri dan cara mencegah diri kita agar terhindar dari serangan penyakit kanker mesothelioma.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika anda adalah seorang penderita positif dari kanker mesothelioma, anda bisa berobat dan mendaftar ke situs Alliance Cancer Mesothelioma

Referensi:




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali ciri-ciri kanker mesothelioma dan pencegahannya"

Post a Comment