Contoh Surat Resmi Sekolah menggunakan Bahasa Sunda yang baik dan sopan


Contoh Surat Resmi Sekolah menggunakan Bahasa Sunda yang baik dan sopan - Surat resmi yang akan dibagikan kali ini adalah surat berbahasa sunda untuk mengundang orang-orang dalam acara resmi. Surat ini menggunakan bahasa sunda yang baik juga sopan dengan memperhatikan tata bahasa sunda yang benar. Surat ini merupakan surat resmi yang dikhususkan untuk sekolah.

Bahasa sunda adalah bahasa khas dari daerah jawa barat. Bahasa sunda di kenal sebagai bahasa yang sopan juga santun. Saking bagusnya, bahasa ini diadopsi oleh negara-negara luar seperti negara belanda. Tak heran jika dulu ketika zaman penjajahan, belanda mengambil kamus besar bahasa sunda dari Indonesia. Coba secara akal sehat apa mungkin Pendidikan Bahasa Sunda untuk Strata pendidikan S3 ada di Belanda? Padahal Bahasa Sunda itu asli dari Indonesia. Miris benar fakta ini, tapi biarlah yang lalu barlah berlalu. Layaknya bahasa yang lain, Bahasa Sunda juga pasti mengalami perkembangan, dan itulah tugas kita sebagai orang Indonesia khususnya orang Sunda, untuk melestarikan budaya bahasa Sunda agar kelak tidak terulang sejarah kelam yang lalu.

Kembali ke permasalahan surat. Dalam artikel ini saya akan sedikit mengulas dan memberikan contoh surat resmi untuk sekolah dengan menggunakan bahasa sunda. Tujuannya ya dalam rangka membudidayakan bahasa Sunda. Maklum saya juga sebenarnya orang sunda, tapi kok tidak menggunakan bahasa sunda ya? hehe, ya namanya juga menulis artikel, kebanyakan orang mencari kata kunci dengan bahasa Indonesia, bukan bahasa sunda. Jadi saya buat saja artikel ini dalam bahasa nasional supaya orang-orang lebih mudah menemukan artikel saya ini.

Di Sekolah, biasanya surat-surat dibuat 100% bahasa indonesia, padahal sekali-kali kita juga harus menggunakan bahasa sunda. Hari rabu saja kita diwajibkan memakai pakaian pangsi, masa surat saja tidak bisa dijadikan bahasa sunda? yang benar saja. Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi, pada artikel ini saya akan memberikan contoh surat resmi untuk sekolah yang dibuat dengan bahasa sunda, tentunya bahasa yang sopan bukan bahasa yang kasar.

Contoh surat resmi untuk sekolah dalam bahasa Sunda, bisa anda lihat dan baca di bawah.


PAMARÉNTAH KABUPATÉN GARUT
DINES ATIKAN
SMPN 1 CIBALOG
Jl. Miramare - Cibalong 44176


No.    : .........................
Hal.   : Rapat Dines
Sipat :  Penting

Kahatur nu dipihormat
Bapa miwah Ibu Guru SMPN 1 Cibalong
di
Tempat

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kalayan Hormat,
Ngemutkeun kana seueurna kanakalan murangkalih di jaman kiwari sapertos kagiatan nu teu sapagodos sareng aturan Sakola, kumargi eta Sakola bade ngayakeun rapat dines anu Insya Allah bade digelar dina:

Dinten : Ahad, kaping 25 Mei 2008
Waktos : Tabuh 08.00 dugi ka rengse
Tempat : Ruang Guru SMPN 1 Cibalong

Mung sakitu anu kapihatur, mugia Bapa miwah Ibu ngaendahkeun kana undangan ieu. Hatur nuhun kana sagala perhatosannana.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Pimpinan Sakola SMPN 1 Cibalong


Wawan Setiawan, S.Pd, M.M.Pd



Jika anda ingin mendownload contoh surat bahasa sunda yang lainnya, silahkan download suratnya pada tautan berikut:




Kami berharap semoga dengan dibagikannya Surat Resmi dalam Bahasa Sunda ini, anda jadi bisa membuat surat bahasa sunda yang baik dan benar.

Bila berkenan, tonton video mengenai tips dalam membuat surat resmi dengan mempergunakan bahasa sunda berikut:



Lihat Juga:

Contoh Surat untuk melakukan Resign Kerja

Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Resmi Sekolah menggunakan Bahasa Sunda yang baik dan sopan"

Post a Comment