PROGRAM/KERJA PADA LABORATORIUM IPA UNTUK SMP


Program Kerja ini adalah program kerja untuk Laboratorium IPA pada tingkatan SMP. Karena Program kerja yang dimaksud adalah Program untuk SMP, maka contoh ini hanya untuk kepala lab SMP saja.

Dalam kehidupan sehari-hari, aktivitas di laboratorium adalah hal yang membuat pengurus laboratorium merasakan kualahan. Kenapa bisa begitu? Mungkin program kerja laboratoriumnya yang belum ada atau bahkan tidak dibuat.

Seperti kita ketahui bahwa program kerja adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap pengurus.

Program kerja dalam hal ini laboratorium IPA dapat membantu meringankan pekerjaan seorang pengelola lab.

Dilaboratorium juga harus benar-benar ditata dengan baik dengan perencanaan yang nantinya dimuat dalam program kerja.

Laboratorium dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan sekali. Mengapa? Karena laboratorium adalah salah satu sarana belajar guna untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi IPA yang telah diterima oleh siswa di kelas.

Laboratorium IPA dalam penggunaannya harus dirawat dengan baik, karena selain harga alat-alat lab yang mahal, dalam perawatannya pun meski mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Berdasarkan hal tersebut, maka pengelolaan laboratorium IPA harus benar-benar dilakukan agar benda-benda yang ada di lab terawat dan awet.

Pepatah berkata, bahwa keberhasilan sesuatu terletak pada manajemen, dalam hal ini manajemen laboratorium IPA. Bagaimana cara agar manajemen yang baik itu bisa terwujud? Salah satunya yaitu dengan program kerja. Mengapa harus dengan program kerja?. Kita sudah mengetahui bahwa dalam program kerja terdapat beberapa kumpulan perencanaan seperti visi, misi, dan hal-hal yang akan dilakukan oleh organisasi dalam waktu ke depan.

Bagaimana saya bisa membuat program kerja untuk laboratorium IPA di tempat saya bekerja?
Jika anda kerja di SMP, maka saya punya contohnya. Contoh yang akan saya bagikan adalah program kerja bidang IPA. Kebetulan saya juga kerja di SMP.

Sebelum saya bagikan program kerja ini, saya akan membahas sedikit tentang IPA dan Laboratorium.

IPA adalah disiplin ilmu yang mengkaji dan membahas teori atas gejala-gejala alam yang terjadi dari segi fisik, kimia, ataupun makhluk hidup itu sendiri. Di SMP, IPA sudah mulai dikenalkan pada teori-teori yang bersifat rumit dan tidak mudah untuk difahami karena membutuhka praktik sebagai sarana penunjangnya. Oleh karena itu, Laboratorium IPA meskinya dimiliki oleh setiap sekolah. Walaupun pada kenyataannya laboratorium tidak dimiliki oleh semua sekolah, tapi kita sebagai guru wajib untuk mempraktikkan teori IPA yang sudah diberikan kepada peserta didik.

Anda yang sedang membuka artikel ini, saya yakin adalah guru IPA. Sedikit banyaknya pasti anda sudah tahu tata cara mengelola laboratorium IPA bukan? Kira-kira pentingkah seorang pengelola laboratorium memiliki program kerja?. Saya juga yakin anda pasti berkata ya, di dalam hati, bahwa program kerja itu harus dimiliki oleh setiap kepala laboratorium khususnya di SMP.

Di SMP, anak sudah mulai berfikir kritis tentang pembelajaran IPA. Misalnya anda menjelaskan mikroskop, sudah pasti anak akan menginginkan dirinya untuk melihat mikroskop. Nah, itulah fungsi dari laboratorium IPA.

Sebagai mantan mahasiswa jurusan biologi, fisika, atau pun kimia (IPA), tentunya ada sudah tahu bagaimana cara merawat peralatan yang ada di laboratorium. Misalnya untuk merawat mikroskop apa saja yang harus dilakukan. Lalu bagaimana tata letak laboratorium IPA yang baik dan benar. Pendataan alat laboratorium seperti pipet, gelas ukur, dan lainnya harus anda kelola dengan sebaik-baiknya dalam sebuah proram kerja laboratorium. Sebuah program kerja yang baik, harus memuat informasi tentang perencanaan dan pendataan yang baik. Jika anda kurang kompeten dalam mengelola laboratorium di SMP tempat anda bekerja, sudah pasti anda akan diturunkan dari pekerjaan anda itu.

Sebagai antisipasi hal itu, maka saya akan membantu anda untuk memberikan program kerja yang digunakan untuk memanajemen laboratorium IPA di tingkat SMP.

Apakah anda menginginkan program kerja laboratorium IPA?.

Jika anda menginginkan contoh untuk program kerja di Laboratorium IPA di SMP, silahkan anda download. Cara mendapatkan program kerja laboratorium IPA ini mudah, tinggal anda lihat start download di akhir bacaan.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah memberikan Program Kerja laboratorium untuk IPA SMP ini. Dengan bantuan beliau yang tidak bisa saya sebutkan namanya, akhirnya program kerja ini (Laboratorium IPA SMP), dapat saya terbitkan.

Program kerja ini bisa anda terapkan di laboratorium atau SMP tempat anda mengabdi. Dengan Program kerja laboratorium ini saya berharap pembelajaran IPA di sekolah SMP anda bisa lebih bermakna. Atas perhatian anda terhadap program kerja laboratorium IPA untuk SMP ini, saya ucapkan terima kasih.

Lihat gambar program kerja untuk Laboratorium SMP di bawah ini.

lembar program kerja laboratorium ipa di smp


Program kerja untuk Laboratorium SMP pelajaran IPA format doc. - [ START DOWNLOAD ]

Program kerja laboratorium IPA untuk SMP pdf - [ DOWNLOAD NOW! ]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROGRAM/KERJA PADA LABORATORIUM IPA UNTUK SMP"

Post a Comment