Cara menyangkal tautan yang merujuk ke situs kita melalui google web master


Alhamdulillah dengan segala upaya saya mencari informasi tentang cara menyangkal tautan yang tidak diinginkan merujuk ke situs kita akhirnya saya temukan juga referensi yang valid. Saya menemukan referensi ini dari situs bantuan google web master.

Senang rasanya bisa menemukan informasi ini. Sebagai blogger yang cinta akan tindakan normal, saya akan berbagi informasi ini dengan anda wahai para pembaca situs. Tapi perlu diingat, cara ini tidak boleh anda salah gunakan. Gunakan cara ini hanya jika ada tautan spam yang mengarah ke situs anda yang nantinya bisa menurunkan reputasi web anda.

Oke sobat, sudah cukup pembukaannya. Sekarang akan saya deskripsikan dulu apa itu situs perujuk, url perujuk spam.

menyangkal situs spam


Definisi Situs perujuk dan url perujuk spam

Menurut saya situs perujuk spam adalah situs atau domain yang berkualitas rendah yang menautkan situs kita ke websitenya. Contohnya sih bisa macam-macam. Bisa situs yang hanya memiliki peringkat rendah yang mencari popularitas dari web kita, ataupun situs yang memiliki catatan h*t*m di google serp, termasuk "situs d*w**a" (tafsirkan sendiri kata yang saya beri tanda kutip).

Adapun url perujuk spam adalah url tertentu pada situs orang lain yang menaut pada web kita. Jadi maksudnya hanya url saja yang menaut, alias bukan domain secara global.


Pengaruh tautan spam ke blog kita

Menurut saya sih pengaruhnya besar sekali, tapi yang pasti efeknya mengerikan, sobat. Bisa jadi situs kita yang tadinya bereputasi baik tiba-tiba jadi buruk di mata google. Jadi apa dong tindak lanjutnya? Ya kita harus ambil tindakan, jangan biarkan situs kita menerima lalu lintas dari situs itu.

Bagaimana cara mencekal atau menyuruh web master google agar mengabaikan suatu tautan yang tidak kita harapkan?

Cara mencekal url spam mudah sekali hanya butuh beberapa langkah, yang pasti kita harus memerintahkan web master google untuk menyangkal tautan tersebut.

Langkah-langkah menyangkal tautan melalui web master google

Sebelum saya menyampaikan ini, perlu anda ketahui bahwa cara ini bisa menyebabkan berkurangnya lalu lintas ke web anda. Tapi jangan khawatir, meskipun ramai pengunjung tapi kalau pengunjungnya dari web negatif ya nggak apa-apa, dari pada kita jadi jelek di mata google, ya kan?

Ikuti langkah-langkah menyangkal tautan berikut ini.
  • Buka web master google anda.
  • Pada halaman awal web master, pilih lalu lintas penelusuran lalu pilih tautan ke situs anda
  • Dari pilihan itu anda akan melihat situs-situs yang merujuk ke web anda.
  • Dari daftar itu, anda cek satu persatu web apa itu. apakah situs yang satu tema dengan anda atau tidak, kemudian apakah situs itu termasuk situs berbahaya atau tidak. Jika anda sudah yakin bahwa ada situs spam yang merujuk web anda, segera ambil tindakan.
  • Sementara itu anda buka notepad dan habisi situs spam yang merujuk.
  • Pada notepad tersebut anda tuliskan nama domain atau situs spam yang akan anda tendang. Ingat! Jangan menendang situs yang berkualitas dan memiliki reputasi baik mengarah ke situs anda, biarkan saja situs tersebut.
  • Pada notepad, anda tuliskan situs yang ingin anda cekal. Berikut cara penulisannya:
domain: nama domain.com

  • Ingat contoh penulisan itu harus anda pisahkan dengan enter jika situs lebih dari satu. Ketik ulang format tulisan itu pada domain lainnya. Ekstensi web atau domain itu tergantung situs itu sendiri apakah dot com, dot tk, atau apapun itu. Jangan gunakan triple w pada awal penulisan.
  • Simpan tulisan notepad itu dengan format *.txt, namanya terserah anda bisa situs spam atau apalah itu.
  • Kemudian anda masuk ke url ini: https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main
  • Url itu sengaja tidak saya buat link langsung dengan alasan khusus. Copy saja url tersebut dan buka di jendela baru browser anda.
  • Pilih "situs anda" yang telah menerima tautan negatif. Setelah itu klik menolak tautan.
  • Pilih menyangkal tautan, lalu upload file *.txt tadi.
  • Setelah itu kirim dan selesai.
Itulah cara menyangkal tautan spam yang tidak kita harapkan.
Sobat blogger, itulah sedikit ilmu yang bisa saya sampaikan demi kebaikan bersama. Selalu berkarya dan semoga sukses.

Ilmu cara menyangkal tautan ini saya adopsi dari bantuan google web master dan saya uraikan kembali sesuai bahasa saya yang tidak karuan ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menyangkal tautan yang merujuk ke situs kita melalui google web master"

Post a Comment