Apa, Mengapa harus melakukan, dan fungsi dari Analisis Butir Soal

(1) Apa itu Analisis Butir Soal?

Analisis butir soal merupakan kegiatan menganalisis satu atau beberapa soal yang diujikan kepada siswa dalam ulangan harian, ujian (akhir semester atau kenaikan kelas), atau ujian lainnya dengan maksud untuk mengetahui hal penting terkait soal tersebut berdasarkan nilai yang diperoleh siswa dari pengerjaan soal tersebut.


(2) Mengapa Harus ada Analisis pada Soal?

Pada dasarnya, analisis butir soal memang diharuskan dalam dunia pendidikan. Mengapa analisis butir soal itu diwajibkan? Alasannya yaitu terletak pada tujuan pendidikan nasional indonesia yang ingin maju.

Apa kaitannya antara analisis butir soal dengan kemajuan pendidikan? Jelas sangat berkaitan.

Kita tahu bahwa analisis butir soal dilakukan untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat kesukaran pada butir soal yang dibuat oleh guru.

Apa acuan soal itu bisa dikatakan valid? Kita akan mengetahui seberapa besar validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal, jika siswa yang kita tes dengan soal telah menghasilkan sebuah nilai. Dari nilai yang diperoleh siswa, kita sebagai guru akan dapat mengetahui seberapa besar daya pembeda soal, tingkat kesukaran soal, dan lain sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan daya pembeda pada suatu soal saat dianalisis? Daya pembeda adalah kekuatan soal sehingga dapat membedakan rentang kecerdasan anak. Artinya soal tersebut dapat "memperlihatkan" mana anak dengan tingkat kecerdasan kurang, rata-rata, dan tinggi.

Lalu, apa itu tingkat kesukaran pada soal? Sebetulnya, daya pembeda itu ada karena adanya tingkat kesukaran soal. Soal bisa dikatakan susah kalau semua anak tidak bisa menjawab soal tersebut. Sebaliknya, jika semua peserta didik bisa menjawab satu soal yang diberikan oleh gurunya, maka soal itu bisa dikatakan mudah.

Jelas sudah, itu menunjukkan bahwa analisis butir soal harus dilakukan dalam rangka mengevaluasi soal yang telah dibuat oleh guru, dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dalam melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.


(3) Fungsi melakukan Analisis Butir Soal

Analisis soal tidak semata-mata dilakukan begitu saja. Menganalisis soal itu memiliki fungsi. Fungsi melakukan analisis butir soal di antaranya yaitu:
  • Dapat memperbaiki proses pembelajaran. Mengapa begitu? Kita tahu bahwa jika soal yang kita buat tidak bisa dijawab oleh peserta didik sekali pun soal itu dianggap mudah, itu artinya kita telah "gagal" dalam menggunakan metode pembelajaran di kelas.
  • Untuk melakukan evaluasi pendidikan secara menyeluruh
  • Bisa lebih handal dalam membuat soal
  • Saat melakukan analisis butir soal, nantinya kita bisa membuat bank soal untuk keperluan tes atau ujian di tahun pembelajaran yang akan datang.
 
(4) Penggunaan aplikasi dalam kegiatan menganalisis butir soal

Menggunakan aplikasi untuk melakukan analisis butir soal adalah hal yang sah-sah saja, kalau menurut saya. Asalkan, penerapan analisis butir soal secara manual pun harus kita pahami. Jangan sampai kita mahir menggunakan aplikasi, sedangkan cara manual kita tidak memahaminya.

Berikut ini ada beberapa aplikasi berbasis excel yang bisa kita gunakan untuk menganalisis butir soal. Aplikasinya bisa Bapak atau Ibu lihat melalui tautan berikut:
Nah itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan analisis butir soal, mengapa itu harus dilakukan oleh guru, dan apa fungsi dari analisis soal tersebut. Semoga pembahasan ini memberikan titik terang bagi Guru yang baru mengajar, sehingga dapat memahaminya secara utuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa, Mengapa harus melakukan, dan fungsi dari Analisis Butir Soal"

Post a Comment