Mekanisme pengembangan portofolio untuk penilaian siswa - KTSP


pengembangan portofolio
Pengembangan Portofolio

Portofolio dalam pendidikan merupakan sekumpulan hasil pekerjaan siswa sebagai bentuk dari pelaksanaan tugas secara bersama oleh siswa dan guru atau juga oleh siswa dan oleh guru saja untuk tujuan pencapaian tujuan dalam belajar atau pencapaian kompetensi.

Portofolio termasuk komponen yang dapat digunakan dalam penilaian siswa dan juga termasuk kategori instrumen untuk melakukan penilaian kerja siswa. Sebagai instrumen, portofolio berfokus pd dokumen kerja yang bersifat produktif, maksudnya yaitu "bukti"dari pekerjaan siswa atau peserta didik.

Dari portofolio, seorang Guru dapat melihat perkembangan siswanya dari segi berpikir, pemahaman siswa, kemampuan dalam mengungkap suatu gagasan, sikap siswa terhadap pelajaran tertentu dan lain sebagainya. Selain itu, tujuan dari portofolio ini juga yaitu untuk bahan dalam mempertimbangkan langkah-langkah dalam memperbaiki proses pembelajaran jika masih terdapat kekurangan.

Keuntungan menggunakan portofolio ini yaitu dari portofolio Guru bisa memberi kesempatan kepada peserta didik ikut serta menilai dirinya sendiri. Selain itu juga siswa diberikan kesempatan untuk bisa menunjukkan kemampuan problem solving siswa, kesempatan menggunakan nalarnya, kesempatan untuk melakukan komunikasi aktif, kesempatan melakukan penyelidikan terkait portofolio yang ditugaskan, dan dapat berkarya atau berkreasi.

Bagi Guru portofolio bisa digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan orang tua siswa bersangkutan tentang kemajuannya dalam belajar.

Jika Ibu atau Bapak Guru berminat dengan artikel mengenai mekanisme pengembangan portofolio untuk penilaian siswa, bapak atau ibu Guru dapat mendownload file powerpointnya di bawah ini.

Mulai [DOWNLOAD]





DMCA.com Protection Status

Subscribe to receive free email updates: