Dokumen dan kumpulan file PSB - penerimaan siswa baru

berkas psb
Screen shot berkas PSB

PSB atau penerimaan siswa baru adalah suatu proses penerimaan peserta didik dari jenjang yang lebih rendah pada suatu lembaga atau instansi pendidikan. Dalam proses penerimaan siswa baru, biasanya dibentuk panitia PSB. Kegiatan ini dilakukan biasanya sesaat setelah ujian nasional pada sekolah siswa pendaftar telah dilaksanakan.

PSB (Penerimaan Siswa Baru) merupakan kegiatan yang dilakukan satu tahun sekali. Banyak sekali agenda yang harus dilakukan oleh panitia PSB misalnya seperti melakukan penerimaan berkas calon siswa atau pendaftar, melakukan tes atau uji saringan masuk siswa, yang mana siswa akan diuji kemampuannya seperti membaca menulis menghitung, serta tes psikologi.

Bagi setiap panitia PSB, dokumen atau kumpulan file PSB harus sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan dimulai. Tujuannya yaitu untuk menghindari dan meminimalisir kekurangan yang mungkin timbul tanpa diduga sebelumnya pada saat pelasanaan pendaftaran siswa baru. Dokumen yang harus dimiliki oleh panitia PSB khususnya sekretaris setidaknya mencakup dokumen formulir pendaftaran, format surat pernyataan peserta didik baru terkait aturan sekolah, format data pribadi calon peserta didik lengkap mulai dari identitas pribadi, orang tua siswa, alamat, dan lain sebagainya.

Dengan file atau dokumen yang kami sebutkan di atas, itu sudah mewakili standar dokumen penerimaan siswa baru. Selebihnya mungkin Bapak Ibu Guru dapat melengkapinya dengan format hasil tes saringan masuk siswa, dan pengumuman diterima atau tidak diterimanya siswa untuk belajar di sekolah tersebut. Tes dalam kegiatan PSB sangat sekali dibutuhkan dalam rangka pengelompokkan siswa berdasarkan minat, bakat, dan lain sebagainya. Adapun jika terdapat siswa yang membutuhkan bimbingan lebih, kita dapat mengetahuinya dari format nilai testing penerimaan siswa baru.

Jika Bapak Ibu Guru tertarik ingin mendownload, Bapak Ibu Guru bisa mendownloadnya [download]


DMCA.com Protection Status

Subscribe to receive free email updates: