Download Penuntun Praktikum IPA-Biologi (Mikrobiologi) gratis untuk sekolah


cover penuntun praktikum ipa-bio mikrobiologi


Download Penuntun Praktikum IPA-Biologi (Mikrobiologi) gratis untuk sekolah: Mikrobiologi berasal dari bahasa Latin (micros = kecil, bios = hidup dan logos = ilmu). Jadi mikrobiologi merupakan suatu disiplin ilmu atau kajian tentang seluk beluk perikehidupan makhluk hidup yang berukuran kecil.

Makhluk hidup yang berukuran kecil ini dikenal dengan berbagai istilah yaitu: mikroorganisme, mikroba, mikrobia, jasad renik, atau kuman . Mikroorganisme sendiri merupakan makhluk hidup berukuran mikroskopis (ukuran mikron = μm) yang memiliki karakteristik dan cara hidup yang khas, yang bisa dibedakan dari organisme lain yang akan lebih jelas bisa diamati dengan menggunakan bantuan mikroskop.

Kajian mikrobiologi mencakup aspek berbagai jenis mikroorganisme baik bentuk-morfologi, fisiologi, reproduksi, genetika, dan ekologi serta peran mikroorganisme dalam berbagai bidang seperti pertanian, lingkungan, farmasi, kedokteran, pangan dan industri. Mikroroganisme meliputi berbagai organisme prokariota yaitu: Bakteri, Archaebakteri, Cyanobakteri, Mycoplasma (bakteri tidak memiliki dinding sel), dan Actinomiset. Mikroorganisme eukariota meliputi: jamur, protista (protozoa dan alga). Sedangkan virus merupakan mikroorganisme non seluler.

Secara praktik, mikrobiologi bukanlah ilmu baru, sejak ribuan tahun sebelum masehi bangsa Babilonia sudah mempraktikan pembuatan anggur atau bir dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini mikrobiologi berkembang dengan pesat, dan mendasari perkembangan dan kemajuan yang berarti dalam bidang bioteknologi dan rekayasa genetika. Sehingga mikrobiologi merupakan satu kajian yang sangat diperlukan untuk masa depan kesejahteraan umat manusia.

Topik biologi terkait konsep-konsep mikrobiologi di sekolah mencakup beberapa topik penting diantaranya: Monera (Bakteri, arkebakteri dan cyanobakteri), protista (alga dan protozoa), jamur, virus, metabolisme (fermentasi), dan bioteknologi. Untuk mempelajari konsep-konsep tersebut diperlukan teknik dan metode laboratorium yang memadai, sehingga pembelajaran biologi terkait konsep mikrobiologi tersebut dapat lebih bermakna bagi siswa.

Karena umumnya mikroorganisme berukuran mikroskopis, maka untuk memudahkan mempelajarinya perlu ditumbuhkan atau dibiakan dalam medium sintetis yang cocok di laboratorium. Lebih lanjut, selaras dengan hakikat IPA baik sebagai produk maupun proses, maka pembelajaran konsep-konsep mikrobiologi harus berbasis pada pengamatan (observasi) serta prosedur yang tepat sehingga siswa sendiri yang dapat membangun konsep tersebut dengan berbasis aktivitas minds-on dan hands-on. Untuk itu sangatlah penting bagi mahasiswa calon guru dan guru biologi di sekolah untuk menguasai dan memahami berbagai prosedur laboratorium mikrobiologi untuk dapat mengobservasi serta membelajarkan konsep mikroorganisme kepada peserta didik dengan lebih bermakna.

Jika Bapak atau Ibu masih kesulitan menemukan referensi yang dapat dipercaya, maka Bapak atau Ibu dapat melihat dan mendownload buku penuntun praktikum mikrobiologi ini. Sebelum mendownload alangkah baiknya lihat dulu previewnya di bawah ini.


Preview Penuntun Praktikum  IPA-Biologi  di Sekolah

Untuk mendownload file di atas, DOWNLOAD DISINI

Subscribe to receive free email updates: