Pedoman Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum KTSP

Pedoman Penilaian Siswa Berdasarkan KTSP
 
Hasil belajar siswa merupakan nilai yang diperoleh siswa (baik di SD, SMP, dan di SMA) setelah melakukan evaluasi pembelajaran untuk menentukan tingkat tercapai-nya suatu standar kompetensi atau kompetensi dasar dari materi pelajaran tertentu. Hasil belajar tersebut sudah seharusnya di evaluasi berdasarkan ketentuan yang berlaku. Melalui pedoman penilaian kita dapat mengevaluasi hasil belajar tersebut.
 
Berdasarkan hal tersebut di atas, melalui atikel situs windowbrain.com ini, saya akan membagikan pedoman penilaian hasil belajar siswa yang berlaku dalam kurikulum KTSP. Pedoman tersebut dibagikan dalam bentuk slide powerpoint (file .ppt). Melalui slide tersebut guru SD, SMP, dan SMA dapat belajar lebih dalam mengenai berbagai macam teknik penilaian hasil belajar, sehingga memungkinkan kita memahami bagaimana cara melakukan penilaian hasil belajar berdasarkan metode pembelajaran yang diterapkan pada setiap kompetensi dasar suatu materi, baik penilaian tes tulis, lisan, petik kerja, produk, portofolio, dan penilaian lainnya.

Manfaat yang bisa Anda ambil dari pedoman penilaian KTSP tersebut yaitu:
  • Dapat meningkatkan pemahaman terhadap cara melakukan penilaian terhadap hasil belajar
  • Dapat menentukan penilaian yang relevan berdasarkan karakteristik KD materi dalam suatu pelajaran, dan
  • Dapat meningkatkan profesionalisme guru.
Untuk Guru yang berminat untuk belajar memahami berbagai penilaian dalam KTSP, Anda bisa men-download file ppt-nya melalui tautan berikut.
Semoga yang saya bagikan dalam artikel ini dapat memberikan pengalaman berharga dan pengetahuan tambahan mengenai seperti apa penilaian dalam KTSP, sehingga bagi sekolah yang masih menerapkan KTSP dapat menerapkan penilaian yang sesuai dengan pedoman tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum KTSP"

Post a Comment