Ringkasan Materi Pelajaran IPA Kelas IX KTSP Lengkap untuk Semester 1

Ringkasan Materi Pelajaran IPA Kelas IX KTSP Lengkap; merupakan rangkuman materi IPA untuk semester 1 yang meliputi: saraf dan indera, kelangsungan hidup organisme, bioteknologi, listrik (statis dan dinamis), sumber arus listrik, serta energi dan daya listrik.

Ringkasan materi disebut juga intisari atau rangkuman; merupakan materi pokok yang dipersingkat pembahasannya agar lebih simpel dan tidak terlalu banyak, sehingga siswa akan lebih mudah menyerap materi seperti itu saat belajar di kelas.

Ringkasan Materi Pelajaran IPA Kelas IX KTSP Lengkap

Yang menjadi acuan dalam meringkas materi tentunya tetap buku, namun ketika meringkas, materi-nya harus dipahami dahulu secara keseluruhan agar dapat menentukan bagian mana saja dari materi IPA yang tidak memerlukan pendalaman.

Aktivitas tersebut tentunya akan mengefektifkan waktu yang tersedia untuk guru dalam menyampaikan satu per satu materi di semester 1, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan cepat, dan yang terpenting adalah situasi kondusif, bermakna, dan menyenangkan.

Kembali ke pembahasan semula; maksud kami membagikan ringkasan materi IPA Kelas IX SMP Kurikulum KTSP ini adalah sebagai sharing dokumen yang diperlukan dalam menjalankan tugas guru mata pelajaran IPA di SMP/MTs.

Selain itu, ringkasan materi IPA yang kami sajikan ini dilengkapi dengan gambar dan keterangannya. Untuk mengambil dokumen berisi ringkasan materi yang dimaksud, silahkan untuk mengunduhnya melalui daftar tautan download berikut:
  • Bab 1 sistem ekskresi (belum bisa download)
  • Bab 2 sistem r*pr*duksi (belum bisa download)
  • Bab 4 kelangsungan hidup makhluk hidup (download) 
  • Bab 5 Pewarisan sifat atau genetika (belum bisa download)
  • Bab 9 sumber arus listrik (download) 
  • Bab 10 energi dan daya listrik (download)

Ringkasan Materi IPA penting yang terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ringkasan Materi Pelajaran IPA Kelas IX KTSP Lengkap untuk Semester 1"

Post a Comment