TEKNIK MEMETIK CENGKIH AGAR TIDAK MERUSAK POHONNYA 100% AMAN



gambar cengkeh dan alat untuk memetik cengkeh

teknik memetik cengkih agar tidak merusak pohonnya adalah cara untuk mengambil bunga cengkih agar ranting dan pohonnya tidak rusak atau patah. memetik bunga cengkih adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. tidak jarang ranting dan pohon cengkih bisa rusak bahkan patah apabila orang yang memetik bunga cengkihnya kurang kompeten. namun ente gak usah khawatir karena keahlian itu bisa dipelajari dari artikel ini.
agar tanaman cengkih tidak rusak saat proses pemetikan bunga cengkih, maka bisa dilakukan langkah-langkah berikut ini. pertama, ente siapin kawat besi diameter 1 cm sepanjang 3 meter. setelah itu buatlah kawat itu seperti kait atau kail pada kedua ujungnya. lengkungan kait disesuaikan seperti lebar diameter dahan atau pohon cengkih. kait ini berfungsi untuk menggapai ranting cengkih yang jauh dari jangkauan ente, nantinya bisa dikaitkan ke batang cengkih yang ingin digapai dan ujung kait yang satunya lagi dikaitkan pada batang yang lain.
selain itu siapkan juga tambang beserta sebilah bambu sepanjang 2 meter sampai 2,5 meter. fungsi bambu tersebut adalah sebagai pijakan kita saat memetik cengkih dari pohonnya. sedangkan tambang berfungsi untuk mengikat bambu pada batang cengkeh agar pijakannya kokoh. selain untuk berpijak, bambu itu juga bisa digunakan untuk duduk saat ente pegal karena kelamaan berdiri. cara mengikatkan bambu ke batang cengkeh antara lain sebagai berikut. pilihlah batang cengkeh yang memiliki percabangan dua atau lebih yang bisa menjepit bambu pijakan. usahakan agar percabangan batang cengkeh di kiri dan di kanan bambu posisinya datar atau tidak timpang atau tinggi sebelah untuk keamanan dan kenyamanan ente juga. setelah menemukan percabangan yang cocok dan aman, simpanlah atau masukanlah ujung bambu ke celah percabangan pohon cengkih. ikat kedua ujung bambu pada percabangan cengkih dengan kuat untuk keamanan.
jika kait dan pijakan bambu sudah dipersiapkan dengan baik, selanjutnya duduklah dengan manis dan petiklah setiap cengkih yang harus kamu petik. selamat bekerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIK MEMETIK CENGKIH AGAR TIDAK MERUSAK POHONNYA 100% AMAN"

Post a Comment