MEMBUAT INSEKTISIDA UNTUK HAMA WALANG SANGIT 100% AMPUH



gambar walang sangit

artikel ini membahas tentang cara membuat insektisida untuk hama walang sangit. sebelum itu kita bahas terlebih dahulu tentang walang sangit. walang sangit merupakan hama yang cukup tangguh di dunia pertanian. walang sangit ini memiliki bentuk serupa dengan serangga penghisap lainnya, hanya saja tubuhnya ramping dan biasanya mengeluarkan bau yang tak enak jika disentuh.

walang sangit disebut juga kungkang (panggilan orang sunda). walang sangit biasanya menyerang tanaman padi yang sedang berbunga sampai pada proses pengisian bulir padi (pada fase masak hijau). walang sangit menyantap padi dengan cara menghisap cairan padi sehingga pada fase berikutnya padi akan hampa.
di alam, walang sangit belum bisa dianggap memiliki predator selain laba-laba. itu dikarenakan bau yang dikeluarkan dari tubuhnya membuat burung tidak suka untuk memangsanya. meskipun berbau tidak enak, walang sangit juga tidak menyukai bau bauan. salah satu tanaman yang tidak disukai oleh walang sangit adalah tanaman jengkol. nah, sekarang juga akan kita bahas cara membuat insektisida untuk walang sangit yang terbuat dari jengkol.
langkah-langkah untuk membuat insektisida jengkol antara lain sebagai berikut:
siapkan biji jengkol secukupnya. bebek biji jengkol tersebut dengan benda keras sampai hancur. masukkan bubuk jengkol tersebut pada wadah. campurlah bubuk jengkol dengan air secukupnya. dan diamkan selama satu malam penuh. gunakan cairan atau ekstrak jengkol yang telah dibuat untuk menyemprot hama walang sangit yang menyerang padi. usahakam penyemprotan dilakukan pada waktu yang tepat yaitu saat tanaman padi sedang mulai berbunga tidak merata dan satu kali lagi pada saat tanaman padi telah berbunga seluruhnya pada lading pertanian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMBUAT INSEKTISIDA UNTUK HAMA WALANG SANGIT 100% AMPUH"

Post a Comment