MEMBERIKAN DUA MACAM ORIENTASI ( PORTRAIT DAN LANDSCAPE ) PADA MS WORD DALAM SATU FILE DOKUMEN

Jika anda adalah seseorang yang sering bekerja dengan Microsoft word, pasti anda pernah menginginkan dalam sebuah file word atau lembar keja word dokumen anda terdapat dua jenis orientasi yaitu orientasi portrait (lembar berdiri) dan orientasi landscape (lembar berbaring atau memanjang). Masalahnya, terkadang anda bingung bagaimana cara menyeting dokumennya agar bisa disisipi dua jenis orientasi dalam satu file dokumen sekaligus. Tak jarang juga sebagian besar orang memisahkan dokumen antara yang portrait dengan yang landscape karena tidak tahu bagaimana caranya. Dalam postingan kali ini, izinkan saya untuk berbagi ilmu dan pengetahuan dengan anda, khususnya bagi orang yang sudah mau membaca setiap artikel saya yang selama ini sudah saya terbitkan. Saya akan membantu kesulitan anda dalam hal ini. Baik, kita langsung saja ke permasalahan yang inti. Berikut akan saya bahas mengenai cara menyisipkan dua orientasi pada satu dokumen word. Jadi dengan ini anda tidak usah repot-repot memisahkan lembar kerja yang berorientasi portrait ataupun landscape untuk anda cetak nantinya. Bacalah postingan ini dengan seksama dan ikuti langkah-langkah yang akan saya bahas di bawah ini.

Pertama, anda buka lembar ms word anda. Setelah itu anda mulai saja mengetik dokumen seperti biasa anda lakukan. Jika pada halaman atau page 1 anda menginginkan orientasi potrait maka pilih menu bar “page layout” lalu pilih “orientation” dan pilih “portrait”.  Maka secara otomatis tampilan lembar kerja anda akan menjadi lembar kerja “berdiri”. Apabila pada page yang lain (misalnya page 2) anda menginginkan orientasi landscape atau “berbaring”, maka anda harus mengganti orientasinya dengan cara yang lain (bukan melalui pilihan page layout langsung). Caranya yaitu pastikan pointer atau cursor pengetikan anda (yang berkedip-kedip pada saat anda mengetik) berada pada halaman yang anda inginkan untuk orientasi landscape, dalam hal ini kita umpamakan pada halaman atau page 2 (jadi cursor anda harus ada pada halaman 2). Setelah itu langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu anda pilih menu bar “page layout”, lalu anda pilih “margins” dan pilih bagian terbawahnya “custom margin”. Setelah anda memilih custom margin, anda akan diarahkan pada sebuah kotak menu yang bertuliskan page setup. Pada bagian page setup terdapat pilihan-pilihan seperti pengaturan batas pinggir lembar kerja (margin), orientation, pages, preview, apply to, dan set as default. Dari beberapa pilihan tersebut, yang berperan dalam mengubah orientasi landscape secara mandiri adalah pilihan “orientation” dan “apply to”. Pada bagian ini anda harus lebih teliti dalam menyimak artikel ini.


Kita lanjutkan lagi. Pada bagian orientation (yang ada di bawah pilihan margins), anda ganti orientasinya dari potrait ke landscape. Setelah itu, langkah berikutnya adalah mengubah pilihan pada “apply to” dari “whole document” menjadi “this point forward”. Setelah itu, langkah selanjutnya anda pilih “ok”, dan anda bisa melihat hasilnya. Perhatian, jika anda ingin mengembalikan orientasi potrait pada halaman atau page 3 dan seterusnya tanpa mengubah orientasi landscape pada halaman 2, maka caranya sama seperti tadi. Pastikan cursor pengetikan anda ada pada halaman 3. Setelah itu anda pilih menu page layout, lalu pilih margins. Pada bagian “orientation” anda ubah kembali dari landscape menjadi portrait. Kemudian pada bagian “apply to”, anda ubah dari whole document menjadi this point forward. Setelah itu anda bisa melihat tampilannya. Tampilannya pasti akan seperti yang anda inginkan.

Itulah sedikit sharing ilmu dan pengalaman dari saya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda para pembaca setia artikel saya. Saya mengapresiasi anda yang mau membaca artikel ini. Meskipun jauh dari kesempurnaan secara tampilan, akan tetapi setiap postingan yang saya buat ini dapat anda buktikan kebenarannya. Salam hormat penulis: Levi Lesdiyanti.


Subscribe to receive free email updates: