Cara Mengecek Keaslian Karya Tulis

Cara Mengecek Keaslian Karya Tulis
Sumber gambar: Pixabay

Posting ini membahas cara mengecek keaslian karya tulis dalam internet dengan tool online gratis untuk memastikan bahwa tulisan itu original atau tidak (hasil copy-paste atau bukan).

Seiring berkembangnya teknologi internet sekarang, tak sedikit orang menyalah-gunakan internet untuk memudahkan urusannya termasuk dalam penyusunan karya tulis baik itu skripsi, makalah, artikel, maupun jurnal.

Mahasiswa dan pelajar biasanya sering melakukan hal itu dalam rangka memenuhi tugas dari dosen ataupun guru. Bagi guru maupun dosen yang ingin mengetahui apakah karya tulis yang dibuat siswa atau mahasiswa itu asli, maka Bapak dapat melakukan pengecekan terhadap karya tulis yang diberikan oleh mereka dengan menggunakan tool online.

Tool online yang biasa saya gunakan untuk mengecek keaslian karya tulis dalam bentuk apapun adalah plagiarism checker. Dengan menggunakan tool tersebut kita dapat mengetahui tingkat keaslian karya tulis tersebut, mau itu skripsi mahasiswa, tugas makalah siswa, dan sebagainya.

Namun, untuk bisa mengeceknya karya tulis itu Anda harus mempunyai softcopy-nya baik dalam format word document (file microsoft word yang sudah disimpan) ataupun format .txt (notepad).

Cara mengeceknya mudah sekali, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah mengecek keaslian karya tulis menggunakan tool online plagiarism checker:
  • Masuk ke Google penelusuran
  • Ketik kata kunci "plagiarism checker", atau Anda bisa masuk ke smallseotools dot com
  • Copy 'salin' karya tulis dari word yang dikumpulkan mahasiswa atau siswa (cukup 900 kata saja)
  • Paste 'tempel' tulisan itu di kotak yang disediakan untuk teks (pada plagiarism checker smallseotools dot com)
  • Klik reCAPTCHA-nya untuk memulai proses pengecekan
  • Klik "Check Plagiarism", kemudian tunggu prosesnya selesai.

Jika proses sudah selesai, cek hasilnya dengan melihat persentase unik dari tulisan tersebut. Apabila hasilnya menunjukkan 100% unique 'unik' artinya karya tulis benar-benar asli buatan Mahasiswa atau siswa itu sendiri. Tapi kalau hasilnya 0% itu adalah hasil copy-paste dari internet.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengecek Keaslian Karya Tulis"

Post a Comment