MENANGKAP DROSOPHILLA (LALAT BUAH)



gambar trap untuk menangkap drosophilla

menangkap drosophilla atau lalat buah adalah teknik untuk mendapatkan drosophilla dengan trap buah pisang atau buah pepaya. untuk menangkap drosophilla tidaklah mudah karena ukurannya yang kecil dan lincah membuatnya sulit untuk ditangkap secara langsung. untuk menangkap drosophilla ini dibutuhkan teknik khusus yaitu dengan memancingnya menggunakan buah pisang atau buah pepaya.

untuk menangkap drosophilla atau lalat buah, bisa dilakukan cara berikut ini. pertama siapkan buah pisang atau buah pepaya. masukkan kedua jenis buah itu pada suatu wadah yang cukup tinggi seperti toples. simpanlah toples tersebut pada tempat yang sering dihinggapi lalat atau pada tempat yang teduh dan terbuka. tunggu beberapa hari, sekitar 2 hari-an. setelah itu cek lagi toples tersebut, pasti buah pisang dan buah pepaya tadi sudah banyak dihinggapi oleh drosophilla atau lalat buah. jika sudah terdapat drosophilla pada toples tersebut, maka siapkan plastik untuk menutup toples tersebut agar drosophilla tertangkap atau tertahan di toples itu.
lakukan penutupan toples secara hati-hati dengan gerakan yang perlahan agar lalat buah yang ada di dalam toples tidak kabur karena gerakan kita yang membuatnya terbang.  jika sudah ditutup, maka drosophilla sudah bisa anda tangkap untuk kepentingan pengamatan atau penelitian ilmiah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENANGKAP DROSOPHILLA (LALAT BUAH)"

Post a Comment