INGIN TAHU CARA MEMBUAT PRESENTASI POWERPOINT?


CARA MEMBUAT PRESENTASI POWERPOINT DENGAN MUDAH DAN CEPAT.


cara membuat presentasi powerpoint



Jika anda seorang pelajar atau mahasiswa bahkan guru sekalipun, maka sangat tepat jika anda membaca artikel ini untuk memperkaya pengetahuan agar bisa membuat presentasi dengan Microsoft powerpoint. Sebelum membahas langkah-langkah membuat presentasi powerpoint, alangkah baiknya jika anda mengenal terlebih dahulu apa itu powerpoint. Microsoft powerpoint merupakan suatu software yang berfungsi untuk membuat tampilan presentasi berupa slide. Microsoft powerpoint memiliki kelebihan di antaranya yaitu bisa menampilkan teks beserta gambar. Selain itu, pada Microsoft powerpoint anda bisa menyisipkan file video pada tampilan slidenya dan lain daripada itu anda juga bisa menyisipkan file suara di dalamnya.

Pada Microsoft powerpoint terdapat fitur hyperlink. Hyperlink memungkinkan slide presentasi anda berpindah secara acak (tidak berdasar pada halaman) sesuai perintah hyperling anda. Baiklah, langsung saja kita bahas langkah-langkah untuk membuat presentasi Microsoft powerpoint. Langkah-langkah itu antara lain sebagai berikut.

Pertama, “menentukan desain powerpoint”. Yang harus anda lakukan adalah menjalankan software Microsoft powerpoint terlebih dahulu. Setelah tampilannya terbuka, maka pada menu bar anda pilih “design” lalu akan muncul tampilan desain. Anda pilih desain yang ingin anda gunakan. Jika anda ingin kreasi yang berbeda, maka anda bisa membuat desain sendiri dengan cara memilih menu bar “insert”, lalu pilih “picture”. Setelah memilih picture, anda akan diarahkan untuk memilih sebuah foto yang anda kehendaki untuk dijadikan sebagai background dari tampilan presentasi tersebut. Setelah anda memilih foto yang cocok, maka anda klik “insert”. Perlu anda ketahui, anda juga bisa menambahkan foto anda dalam tampilan tersebut dengan cara menimpa gambar yang telah anda pilih tadi dan mengatur ukuran foto anda dengan cara mengklik foto anda dan tarik bidang diagonal foto anda untuk menyesuaikan ukurannya.

Kedua, “memperbanyak atau menggandakan desain”. Saat anda membuat presentasi powerpoint, pastinya anda akan membutuhkan lebih dari satu tampilan slide. Jika anda menginginkan desain halaman 1 sama dengan halaman atau slide berikutnya, maka anda bisa menggandakan desain pada slide 1 dengan cara mengarahkan pointer mouse anda ke tampilan yang ada di samping kiri. Pada tampilan di samping kiri ada pilihan slide yang merupakan miniatur desain anda, kemudian klik tampilan desain gambar kecil tersebut dan anda tekan “CTRL+C” lalu lanjutkan dengan menekan “CTRL+V” untuk memperbanyak desain itu sebanyak yang anda inginkan. Jika anda menginginkan 10 slide maka lakukan penekanan terputus-putus sebanyak 10 kali untul tombol “CTRL+V”.

Ketiga, “memasukkan teks ke dalam slide”. Jika anda ingin membuat kalimat pada slide, anda pilih menubar “insert” lalu pilih “text box”. Setelah itu anda bisa mengetik kalimat yang anda inginkan. Peletakan atau posisi teks bisa anda atur dengan menarik text box tersebut ke posisi yang anda inginkan. Selain itu, anda juga bisa mengatur jenis dan ukuran huruf, ketebalan huruf, kemiringan, ataupun garis bawah dengan cara memblok kalimat tersebut yang ada pada text box, kemudian pilihlah tipe huruf atau karakter huruf yang anda inginkan, misalnya times new roman ataupun yang lainnya. Hal itu berlaku juga untuk yang lainnya.

Keempat, “menambahkan efek transisi”. Jika anda ingin tampilan persentasi anda lebih menarik, maka anda bisa menambahkan efek transisi dengan cara memilih menu bar “transitions”. Setelah memilih transitions, maka akan muncul tampilan pilihan jenis-jenis atau macam-macam transisi. Pilih transisi yang anda suka. Maka ketika presentasi anda ditampilkan dalam bentuk slide show, maka slide yang anda beri transisi akan muncul seperti transisi yang anda pilih. Hal tersebut juga bisa anda terapkan pada slide yang lain.

Kelima, “menambahkan hyperlink pada slide”. Jika anda menginginkan suatu perintah pada slide tertentu untuk mengarahkan ke slide lain yang berisi konten yang anda harapkan, maka anda harus membuat hyperlink. Caranya yaitu anda bisa memilih kalimat atau logo perintah untuk pergi ke tampilan yang diinginkan dengan memilih kalimat “klik disini untuk melihat video”, maka blok kalimat atau logo tersebut lalu pilih menu bar insert, dan pilih hyperlink. Saat muncul tampilan hyperlink, maka anda pilih “place in this document” dan setelah itu anda masukkan halaman slide yang diarahkan. Dengan menerapkan hyperlink maka anda akan menjumpai icon telunjuk sebagai tanda bahwa kalimat tersebut telah disisipi hyperlink. Tampilan hyperlink hanya bisa dilihat pada saat slide show.

Keenam, “menambahkan file video”. Jika presentasi anda membutuhkan video sebagai penunjang, maka anda bisa memasukkan file video ke slide yang anda inginkan dengan cara pilih menu bar insert lalu pilih “video”. Lalu anda akan diarahkan untuk memilih video yang ingin disematkan lalu pilih insert. Setelah itu video akan masuk ke slide anda. Untuk memutar video tersebut anda bisa mengklik tampilan play pada video pada saat slide show.

Ketujuh, “menambahkan file sound”. Jika anda menginginkan slide anda bisa memutar audio, maka caranya mudah, sama seperti cara menyisipkan video ke slide anda. Cara menyisipkan file suara adalah dengan memilih menu bar insert, lalu pilih audio. Pilihlah audio yang anda ingin sisipkan baik itu musik instrumental ataupun lagu. Setelah itu anda bisa mendengarkan musik yang anda sisipkan tersebut pada slide yang anda sisipi.

Kedelapan, “menyimpan dokumen ppt atau powerpoint”. Apabila tahap demi tahap sudah anda lakukan dan anda pun sudah menyelesaikan presentasi anda, maka selanjutnya anda simpan presentasi tersebut untuk menghindari kehilangan data saat mengetik. Simpanlah presentasi powerpoint anda dengan cara memilih menu bar “file”, pilih save as, selanjutnya pilih target folder penyimpanan data. Lalu save.

Itulah cara atau teknik menyusun presentasi powerpoint secara umum. Semoga artikel tutorial ini menambah wawasan kepada anda yang baru mengenal teknologi komputer. Mohon maaf atas kekurangan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INGIN TAHU CARA MEMBUAT PRESENTASI POWERPOINT?"

Post a Comment